Ada empat keterampilan dalam pengajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai siswa, meliputi, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut merupakan sebuah rangkaian yang saling berhubungan satu sama lain. Menurut hasil pengamatan peneliti, rendahnya keterampilan menulis siswa di kelas VIII- A SMP Negeri 2 Gempol. Khususnya menulis puisi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) siswa kurang tertarik pada pelajaran menulis puisi bebas di ruang kelas, motivasi siswa mengikuti pembelajaran rendah. Mereka merasa malas menghadapi pelajaran yang membutuhkan imajinasi untuk merangkai kata menjadikan bait-bait puisi. (2) guru kesulitan dalam membangkitkan minat siswa, (3) siswa kesulitan dalam menentukan topik/tema serta mengemukakan ide yang mendukung untuk dikembangkan dalam tulisan untuk membuat puisi bebas (4) guru kesulitan untuk menemukan teknik/metode atau media yang tepat untuk mengajarkan meteri menulis puisi bebas kepada siswa.
Copyrights © 2021