Jurnal Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, dan Pengajarannya
Vol 8 No 2 (2021): JURNAL ILMIAH BUANA BASTRA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI “ENVIRONMENT APPROACH LEARNING” SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 GEMPOL

Melisa Puspita Sari (SMK 2 WALINSONGO)
Sri Budi Astuti (Universitas PGRI Adi Buana)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Ada empat keterampilan dalam pengajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai siswa, meliputi, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut merupakan sebuah rangkaian yang saling berhubungan satu sama lain. Menurut hasil pengamatan peneliti, rendahnya keterampilan menulis siswa di kelas VIII- A SMP Negeri 2 Gempol. Khususnya menulis puisi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) siswa kurang tertarik pada pelajaran menulis puisi bebas di ruang kelas, motivasi siswa mengikuti pembelajaran rendah. Mereka merasa malas menghadapi pelajaran yang membutuhkan imajinasi untuk merangkai kata menjadikan bait-bait puisi. (2) guru kesulitan dalam membangkitkan minat siswa, (3) siswa kesulitan dalam menentukan topik/tema serta mengemukakan ide yang mendukung untuk dikembangkan dalam tulisan untuk membuat puisi bebas (4) guru kesulitan untuk menemukan teknik/metode atau media yang tepat untuk mengajarkan meteri menulis puisi bebas kepada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The purpose of publishing this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the fields of Language, Literature, and Learning. The Buana Bastra journal specifically focuses on the main problems in the development of the field of Language, ...