Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kantor Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Data di analisis secara kualitatif deskriptif untuk memberikan gambarkan mengenai permasalahan penelitian. Dalam pengumpulan data, metode yang dipakai adalah observasi, dan wawancara. Hasil penelitian mengenai 5 indikator yang ada pada kualitas pelayanan publik pada Kantor Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa adalah Bukti fisik (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance),Perhatian (empathy). Selain itu yang menjadi faktorfaktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa adalah Sumber daya manusia dan kedisiplinan petugas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Poto Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa belum optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyararakat karena masih terdapat pelayanan yang masih kurang baik sehingga masih perlu ditingkatkan.
Copyrights © 2021