Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL “SECRET KINGDOM PULAU AWAN ” KARYA ROSIE BANKS

Roza Marsalina (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Zufriady (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Eva Astuti Mulyani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Dede Permana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam Novel Secret Kingdom Pulau Awan karya Rosie Banks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang ingin mendeskripsikan wujud nilai karakter. Metode yang digunakan dalam kajian ini dijabarkan kedalam langkah-langkah sesuai dengan tahapan pelaksanaannya, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, (3) tahap penyajian analisis data. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan oleh peneliti dalam Pengumpulan data di lakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik membaca dilakukan dengan membaca novel secret kingdom karya Rosie Banks. Pada mulanya di lakukan pembacaan keseluruhan terhadap novel tersebut dengan tujuan untuk mengetahui identifikasi secara umum. Setelah itu dilakukan pembacaan secara cermat dan menginterpretasikan unsur pendidikan karakter dalam novel tersebut. Setelah membaca cermat di lakukan pencatatan langkah berikutnya adalah pencatatan yang dilakukan dengan mencatat kutipan secara langsung atau biasa disebut verbatim dari novel yang di teliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...