Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 20, No 2 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 2, 2020

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BEKERJA SAMA ANAK DENGAN HAMBATAN EMOSI DAN PERILAKU DI SLB E BHINA PUTERA SURAKARTA

Amatullah, Fadilah Halfa (Unknown)
Warnandi, Nandi (Unknown)
Sunaryo, S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Anak dengan hambatan emosi dan perilaku kurang mampu untuk kerja sama karena menganggap teman lainnya adalah musuh dan dia harus menguasai semuanya. Dampaknya, anak dengan hambatan emosi dan perilaku kurang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Peneliti mengunakan strategi pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama anak dengan hambatan emosi dan perilaku di SLB E Bhina Putera Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design one group pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan pada enam orang anak dengan hambatan emosi dan perilaku kelas VI SDLB. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perolehan skor post-test dibandingkan dengan perolehan skor pre-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti merekomendasikan strategi pembelajaran Think Pair Share sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama anak dengan hambatan emosi dan perilaku.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...