Ketunarunguan memberikan dampak pada perkembangan bahasanya. Salah satu faktor yang dapat mendukung keterampilan berbahasa siswa tunarungu ialah penguasaan kosakata. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam memperoleh kosakata terlebih dalam kosakata bahasa Inggris. Oleh sebab itu perlu adanya teknik khusus yang diberikan bagi anak tunarungu yang lebih efektif untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris yang dimilikinya. Penelitian ini difokuskan pada apakah penggunaan teknik permainan missing letters efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik penggunaan permainan missing letters terhadap peningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment tanpa kelompok pembanding atau disebut pretest and posttest group design, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik permainan missing letters efektif terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VII SMPLB Handayani Sukabumi, khususnya kosakata dalam tema body parts dan school environment.
Copyrights © 2020