Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING BY COMBINING GLOSSING AND PAIRED READING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Sumarni, Sumarni (Unknown)
Elmiati, Elmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

 ABSTRAK               Membaca adalah salah satu keterampilan dasar yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswanya. Membaca merupakan proses untuk memahami isi dari sebuah teks. Maka dari itu penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (Reading) pada siswa Sekolah Menengah pertama (SMP). Glossing and Paired Reading Staregy dalam pemahaman sebuah teks report agar menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris. Dalam penerapan aplikasi pertama guru menerapkan Glossing strategi. Strategi ini menyiapkan siswa untuk bisa menemukan kata-kata sulit dengan menyoroti (highlight) kata yang menjadi kata kunci serta mencari makna kata tersebut sehingga siswa dapat memahami bacaan yang dibaca. Selain itu, makna dari kata yang telah ditemukan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk mencari kata-kata yang terkait. Kemudian strategi yang kedua yaitu Paired reading strategy, pada siswa strategi ini  diminta untuk berkelompok dalam membaca teks agar mereka bisa membagi ide-ide yang terlewatkan yang ada dalam teks bacaan. Dengan diterapkan strategi ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Copyrights © 2014