Teika
Vol 1 No 2 (2008): TeIka Desember 2008

Pengaruh Potensi Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi UNAI Angkatan 2007

Albinur Limbong (Fakultas Teknologi Informasi)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2008

Abstract

Setiap institusi pendidikan (tinggi) bertujuan untuk menghasilkan alumni berkualitas yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya. Salah satu ukuran kualitas mahasiswa adalah indeks prestasi yang dicapai mahasiswa. Artikel ini adalah laporan penelitian tentang pengaruh potensi akademik terhadap prestasi akademiknya. Dari penelitian ini didapat bahwa skor potensi akademik mahasiswa Sistem Informasi(SI) sedikit lebih baik dari mahasiswa Teknik Informatika (TI), demikian halnya dengan prestasi akademiknya. Namun secara statistik didapat bahwa nilai potensi akademik(x) dan prestasi akademik (y) tersebut tidak berbeda secara signifikan. Persamaan regressi untuk TI adalah y=0.051x+1.431, sedangkan untuk SI adalah y=0.047x+1.699. Nilai koefisien korelasi, koefisien determinasi, konstanta dan koefisien regressi adalah signifikan secara statistik. Sekalipun hasil ini cukup baik menaksir nilai prestasi akademik jika nilai potensi akademik diketahui, namun penelitian ini menyarankan perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menentukan model regressi yang lain, misalnya model multiregressi, dengan mempertimbangkan beberapa variabel x yang lain, karena pencapaian akademik dapat juga dipengaruhi oleh factor lain seperti motivasi, minat, dan lain-lain.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

teika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TeIKa (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Journal invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Information and Communication Technology work which covers Information System, Computer Networks, Computer Security, ...