Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING WRITING BY COMBINING RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) AND QUICK WRITES STRATEGIES AT SENIOR HIGH SCHOOL

Sundari, Nina Dian (Unknown)
Sariasih, Wiwit (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

 ABSTRAK             Bagi siswa menulis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bagi siswa setingkat SMA pun menulis bukan merupakan hal yang mudah, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk membantu mengatasi masalah siswa yang susah untuk mengungkapkan ide dan mengembangkan ide menjadi sebuah parapraf dalam pengajaran menulis di sekolah menengah atas (SMA). Selain itu makalah ini juga bertujuan untuk memberi masukan bagi para guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan pembelajaran menulis sehingga siswa mampu mengungkapkan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan yang mempunyai makna. Dalam makalah ini, penulis menjelaskan bagaimana menggabungkan dua strategy dalam pembelajaran menulis yaitu RAFT (Role, Audience, Format, Topic) dan Quick Writes strategy. RAFT strategy adalah sebuah cara dimana siswa dituntut untuk berimaginasi kemudian mengungkapkan imaginasi kedalam sebuah tulisan dengan bentuk yang lebih kritis. Sehingga anak akan termotivasi untuk mengembangkan ide dan menambah pengetahuan mereka. Quick writes strategy untuk membantu dalam pengembangan tulisan, siswa diarahkan untuk mengungkapkan ide dan merangkainya menjadi kerangka tulisan kemudian dijadikan bentuk paragraf  yang bermakna. Kombinasi dari kedua strategy tersebut sangat efektif dalam pengajaran menulis, karena memebantu guru dan siswa berperan aktif dalam pembelajaran, dan juga membantu siswa sekolah menengah atas (SMA) dalam mempelajari dan memahami konsep menulis dan bisa menulis dengan baik dan bermakna.

Copyrights © 2014