Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING COMPREHENSION BY USING COMBINING OF LISTEN – READ – DISCUSS (LRD) AND EXIT SLIPS STRATEGIES FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Selvia, Selvia (Unknown)
Afriyanti, S.Pd, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKSelvia, (NIM:09040432), Pengajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Dengan Menggabungkan Strategi Listen – Read – Discuss (LRD) dan Exit Slips untuk Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama, Makalah, Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat. Padang, 2014Pada umumnya membaca merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh setiap orang, baik anak – anak, remaja dan orang dewasa. Dengan membaca kita bisa mendapatkan informasi dari teks yang dibaca, dan juga mengetahui informasi yang dibahas dalam teks tersebut. Dalam membaca teks berbahasa Inggris kita sering mendapatkan banyak kesulitan dalam menemukan ide pokok yang ada dalam teks tersebut, seperti tidak paham makna dari kosa kata teks, kurang kosa kata (vocabulary) tentang Bahasa Inggris, teks yang dibaca terlalu panjang dan kurang menarik dan juga penggunaaan strategi pengajaran dari guru yang tidak tepat dengan materi yang dipelajari. Hal ini akan membuat siswa malas untuk membaca dan belajar. Untuk mengatasi hal tersebut guru harus pintar dalam mengajar siswa dikelas dan juga harus pandai mencari cara atau strategi yang bisa membuat siswa termotivasi untuk membaca dan belajar lagi. Dalam hal ini penulis menyarankan kepada pembaca untuk menggunakan gabungan dua strategi yaitu Listen – Read – Discuss (LRD) dan Exit Slips strategi dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Alasan penulis menyarankan kedua strategi ini adalah karena kedua strategi ini saling menunjang satu sama lain, pertama siswa disuruh mendengarkan penjelasan guru tentang teks yang akan dibaca, ketika mendengarkan penjelasan guru siswa disuruh untuk menemukan ide pokok dan informasi dari teks yang dibaca guru dan didengar siswa, kemudian guru membagikan teks kepada siswa untuk dibaca kembali dan  menyuruh siswa membandingkan ide yang mereka dapat ketika mendengarkan gurunya dan ketika mereka sendiri yang membaca teks tersebut. Setelah itu guru membagi siswa dalam kelompok untuk berdiskusi mengenai teks yang dibaca dan mengerjakan beberapa tugas berdasarkan teks yang telah dibaca. Pada langkah akhir untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam membaca dan memahami teks guru memberikan sebuah kartu kecil dan menyuruh siswa menjawab pertanyaan yang mereka temukan didalam kartu tersebut. Penulis berharap gabungan kedua strategi ini bisa membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar dan juga memudahkan siswa dalam memahami isi teks.

Copyrights © 2014