tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter (Kedisiplinan dan Kejujuran) di MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, instrument dimana peneliti berperan sebagai peneliti sendiri. Tehnik pengumpulan data dalam dokumentasi, wawancara dan observasi. Tahapan pra-lapangan, pekerjaan lapangan dan penyusunan laporan. Teknis analisis data dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahaan data melalui kredibility, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kemampuan sumber daya manusia dalam pemahaman Pendidikan Karakter di MAN 1 Kota Semarang sudah mendukung pelaksanaan KBM mengintegrasikan pendidikan karakter, tetapi sebagian guru dalam pelaksanaan KBM belum sesuai dengan RPP pendidikan karakter. Kedua organisasi pendidikan karakter di MAN 1 Kota Semarang telah dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku di buku panduan madrasah. Ketiga sarana dan prasarana MAN 1 Kota Semarang sudah tersedia dan mencukupi kebutuhan, Keempat pendidikan Karakter melalui pelaksanaan pembelajaran di MAN 1 Kota Semarang sudah terlaksana dengan adanya tata tertib madrasah yang dipatuhi seluruh warga madrasah. Kelima Pelaksanaan Pendidiian Karakter melalui kegiatan Ekstrakulikuler, Ko-kulikuler dan tata tertib sudah dilaksanakan dengan adanya kegitaan ekstrakuikuler yang memiliki karakter seperti PMR, Pramuka dan Paskibra.Â
Copyrights © 2017