Algoritme Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Algoritme

PERBANDINGAN PERFORMA ALGORITMA MINIMAX DAN ALPHA-BETA PRUNING PADA GAME CATUR CINA

Marthin Hokita Kurniawan (STMIK Global Informatika MDP)
Daniel Udjulawa (STMIK Global Informatika MDP)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2020

Abstract

Algoritma merupakan urutan yang lengkap dan logis, dengan urutan yang logis banyak cara yang dilakukan dengan urutan yang berbeda. Pada kasus ini akan dibandingkan performa dari algoritma Minimax dan Alpha Beta Pruning pada game Catur Cina (XiangQi). Tujuannnya adalah sejauh mana waktu yang digunakan oleh kedua algoritma tersebut efektif dalam permainan Catur Cina. Metodologi yang digunakan dalam membangun aplikasi adalah Rapid Application Development, yaitu merupakan pengembangan dari metodologi Software Development Life Cycle. Kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu melakukan perencanaan dan analisis terhadap pengembangan game dan melakukan pembuatan game dengan menggunakan game engine Unity dan bahasa pemograman C#, Editor yang digunakan adalah Atom. Hasil pembuatan game dan koding algoritma akan di uji coba dengan iterasi kedalaman dan preset yang ditentukan sesuai dengan Minimax dan Alpha-Beta Pruning. Data yang didapat yaitu kecepatan dan banyak putaran antara kedua algoritma. Data tersebut akan dibandingkan sehingga performa kedua algoritma akan terlihat jelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

algoritme

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Algoritme menjadi sarana publikasi artikel hasil temuan Penelitian orisinal atau artikel analisis. Bahasa yang digunakan jurnal adalah bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Ruang lingkup tulisan harus relevan dengan disiplin ilmu seperti: - Machine Learning - Computer Vision, - Artificial ...