Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 2 (2021)

Analisis Level Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA di SMP Seminari Sinar Buana Weetebula Kabupaten Sumba Barat Daya

Yakobus Aryanto Ngongo (Pendidikan Matematika, STKIP Weetebula)
Dekriati Ate (Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula, Indonesia)
Wilhelmus Yape Kii (Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pemdidikan Weetebula, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Dalam artikel ini mengkaji level kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bertipe PISA. Sejak Indonesia bergabung pada tahun 2000, capaian Indonesia selalu berada pada level bawah dalam indeks PISA. Terbukti pada tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara partisipan untuk kemampuan membaca, peringkat 73 dari 79 negara partisipan untuk kemampuan matematika, dan peringkat 71 dari 79 negara partisipanĀ  untuk kemampuan sains dalam PISA. Dengan hasil pencapaian yang konsisten di peringkat bawah indeks PISA, Indonesia di bawah ke konsekuensi pemikiran bahwa pendidikan tidak sesuai dengan standar umum/global dan berada di bawah Negara-negara lain di dunia. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui level kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika bertipe PISA di SMP Seminari Sinar Buana Weetebula. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif danĀ  jenis penelitian mixed metodh (metode gabungan). Kata kunci: kemampuan matematis siswa, level soal PISA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...