Jurnal Real Riset
Vol 4, No 1 (2022): Januari 2022

PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CAPTION SISWA KELAS XII MIPA-1 DI SMAN 1 PEUKAN BARO

Lindawati Lindawati (SMA Negeri 1 Peukan Baro)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Differentiated Instruction sebagai salah satu alternative pendekatan dalam proses pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Caption siswa kelas XII MIPA1 SMA Negeri 1 Peukan Baro yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari hasil tes akhir lembar observasi, dan angket. Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir dan temuan-temuan selama penelitian tindakan ini, dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1, terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar Caption yaitu 54,13%, meningkat 16,63 % dari kondisi awal. Dan setelah siklus II dilakukan, terlihat peningkatan persentase ketuntasan menjadi 79,17%, yaitu meningkat 25,04 % dari Siklus 1. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Differentiated Instruction efektif dalam meningkatkan hasil belajar Caption siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Peukan BaroKata Kunci. Differentiated Instruction, hasil belajar, Caption

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...