Jurnal Real Riset
Vol 4, No 1 (2022): Januari 2022

MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMAN 1 PADANG TIJI

Hery Saputra (Pendidikan Matematika, Universitas Jabal Ghafur)
Raisna Raisna (Pendidikan Matematika, Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi program linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tiji, sementara sampel penelitian ini kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Program Linier peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang Tiji. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh Ttabel = 2,02 Thitung = 0,34358 maka H­0 ditolak dan Ha diterimaKata kunci: ATI (Aptitude Treatment Interaction), Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...