Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASIC LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SDN 3 KETANGGA

Khairul Huda (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)
Ahmad Zainul Irfan (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakkultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Mataram Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Abestrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Ketangga dikarenakan proses pembelajaran kurang maksimal akibat penutupan sekolah secara regional yang disebabkan maraknya wabah COVID-19 dan karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 3 Ketangga Tahun Ajaran 2021/2022. Sehingga membuat hasil belajar IPA Rendah, oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi dan menarik perhatian siswa, salah satunya dengan menerapkan metode Project Basic Learning. Dengan menerapkan metode Project Basic Learning tersebut diharapkan siswa mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru sehingga mendorong keberhasilan siswa dalam menguasai materi khususnya Sistem pernapsan Hewan dan Manusia dan meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Ketangga pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan dalam siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Basic Learning Dapat Meningkatkan Hasil belajar IPA Materi system hewan dan manusia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ketangga. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 59,6 dengan ketuntasan klasikal 48 %, Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 80,6 dengan ketuntasan klasikal 96 %. Kata kunci: Metode Project Basic Learning, Pandemi COVID-19, Hasil Belajar, IPA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...