Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

ANALISIS PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GAME-BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SDN PW 01

Zahrotul Khusniah (Universitas Negeri Malang)
Yulia Linguistika (Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia)
Erif Ahdhianto (Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Artikel ini mengulas tentang analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model Game-based learning (GBL) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN PW 01. Pendekatan yang digunakan pada penelitian tersebut adalah mixed methods dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan model pra-eksperiment. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Karena data yang diolah merupakan data dengan skala ordinal, sehingga menggunakan statistik non parametrik dan tidak perlu untuk menguji asumsi normalitas distribusi. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis naratif. Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan pra tes berupa angket minat belajar matematika siswa materi pecahan sebelum menggunakan model Game-Based Learning. Kemudian diberikan perlakuan berupa pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan model Game-Based Learning (GBL) melalui aplikasi belajar Quizizz, Kahoot! dan Wordwall. Setelah itu diberikan posttest berupa angket minat belajar matematika siswa materi pecahan sesudah menggunakan model Game-Based Learning. Hasil uji hipotesis diperoleh menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0.000, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, dari hasil wawancara diperoleh data bahwa terjadi peningkatan rasa suka dan ketertarikan siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan yang dilakukan dengan menggunakan model Game-based learning (GBL). Dari kedua data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan model Game-Based Learning (GBL) di kelas V SDN PW 01.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...