Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 2 No 4 (2022): JPTI - April 2022

Perancangan Sistem Pengendalian Temperatur Pada Digester Pembuatan Pulp Tipe Batch

Umi Nopitasari (Program Studi Teknologi Kimia Industri, Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia)
Indah Purnamasari (Program Studi Teknologi Kimia Industri, Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia)
Anerasari Meidinariasty (Program Studi Teknologi Kimia Industri, Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Peningkatan produksi pulp dengan kebutuhan bahan baku tidak seimbang, dimana proses pembentukan kayu membutuhkan waktu yang lama, namun produksi pulp terus meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan baku alternatif selain kayu yaitu Tandan kosong kelapa sawit dan pelepah pisang. Proses pemasakan pulp sangat menentukan berjalannya proses dan juga berpengaruh terhadap penentuan kualitas pulp yang dihasilkan, sehingga dilakukan perancangan sistem pengendalian temperatur on/off otomatis sebagai pelengkap pada alat digester pembuatan pulp tipe batch yang mudah dioperasikan, efektif dan aman. Metode penelitian diawali dengan dengan merancang sistem pengendalian temperatur yang meliputi kontroler, transduser, termokopel, dan heater. Kemudian diuji kinerja pengendalian tersebut dengan pembuatan pulp. Parameter penelitian ini ialah variasi suhu dan temperatur di dalam digester dengan waktu pengamatan setiap 30 detik pada kondisi temperatur set point 100oC, 105oC, 110oC, 115oC dan 120oC. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan mode pengendali on/off otomatis memiliki error pengukuran 0,875oC, histerisis control lag rata-rata 96 detik dan periode osilasi rata-rata 9,7 menit. Selain itu, penerapan sistem pengendali temperatur melalui pembuatan pulp menghasilkan rendeman pulp sebesar 52,56% dan kadar selulosa 55,74%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...