cover
Contact Name
Yogiek Indra Kurniawan
Contact Email
yogiek@unsoed.ac.id
Phone
+6285640661444
Journal Mail Official
jptijournals@gmail.com
Editorial Address
Jl Kober No 915 RT 08 RW 04 Kelurahan Kober, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
ISSN : 27754227     EISSN : 27754219     DOI : https://doi.org/10.52436/1.jpti.IDPaper
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup pendidikan : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Non formal, Pendidikan Informal, Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Khusus lainnya (Kebencanaan, Komunitas, Anti Korupsi, Bela Negara, dll). 2. Lingkup Teknologi : Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Teknologi kesehatan, bidang keteknikan (Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik Perkapalan, dll) Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia terbit setiap bulan (12 kali dalam setahun). JPTI terdaftar dengan P-ISSN : 2775-4227 dan E-ISSN : 2775-4219
Articles 176 Documents
Sistem Informasi Lembaga Kursus Private Bahasa Inggris Berbasis Website Yogiek Indra Kurniawan; Riski Agung Putro Laksono; Widiyarti Endang Saputri; Puput Muliana Putri; Arkham Zahri Rakhman
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JPTI - Januari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.2

Abstract

Bimbingan belajar English Home Soloraya (EHS) adalah sebuah lembaga pembelajaran konsep homeschooling, yakni para pengajar yang mendatangi rumah para murid untuk bimbingan. EHS memiliki beberapa kendala dalam proses bisnisnya, salah satunya dalam bidang administrasi. Sebelumnya, pendataan murid, pengajar, materi masih dilakukan secara manual. Penjadwalan bimbingan yang sering berubah tanpa konfirmasi kepada pengelola EHS juga telah mempersulit untuk merekapitulasi kehadiran murid dan kerja para pengajar. Bukti kehadiran selama ini digunakan sebagai sumber informasi kedua bagi orangtua untuk memantau proses bimbingan anaknya juga bagi pengelola untuk memantau kinerja para pengajar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun sistem informasi untuk lembaga kursus private bahasa inggris berbasis website. Metode yang digunakan yaitu wawancara, metode observasi, serta metode pustaka. Pada sistem informasi berbasis website ini terdapat beberapa menu yang dapat memudahkan pengelola (administrator) untuk mengolah data murid baru, data pengajar, data pre-post test, data kehadiran dan data pembayaran. Website ini dapat membantu pihak EHS untuk selangkah lebih maju dalam penyampaian informasi serta dapat memudahkan mengelola informasi murid dan informasi kegiatan bimbingan agar bisa diakses oleh orangtua murid.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Berbasis Website Studi Kasus Kampung Marketer Adi Pangestu; Lasmedi Afuan
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JPTI - Februari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.4

Abstract

Kampung marketer merupakan sebuah Organisasi Pendidikan Teknologi Informasi Digital Marketing, yang terletak di desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga. Kampung Marketer memiliki beberapa program kegiatan terkait pembelajaran Digital Marketing, salah satunya adalah program wisata edukasi. Permasalahan yang muncul pada pengelolaan program wisata edukasi adalah pengumpulan data pendaftar dan kurangnya informasi online mengenai wisata edukasi. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, pada penelitian ini mengembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Kampung Marketer. Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi Kampung Marketer adalah sistem berbasis web yang digunakan untuk melakukan pengelolaan terhadap Program Wisata Edukasi Kampung Marketer. Adapun pengelolaan program diantaranya adalah pendaftaran, pembayaran, informasi, materi, dan evaluasi. Sistem Informasi Pengelolaan Wisata Edukasi ini dibuat dengan menggunakan metode Waterfall menggunakan Bahasa pemrograman PHP, database MySQL. Sistem ini dibentuk dengan tujuan untuk mengelola dan menyimpan data peserta secara terkomputerisasi. Sehingga semakin memudahkan pihak pengelola dan manajemen Kampung Marketer dalam mengelola wisata edukasi dengan efektif dan efisien.  
Pengembangan Sistem Informasi Pemantauan Kuis dan Tugas pada Learning Management Systems Moodle Raka Firmansyah; Muhammad Syaiful Aliim; Eko Murdyantoro Atmojo
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 3 (2021): JPTI - Maret 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.5

Abstract

Perkembangan sistem informasi dewasa ini telah merambah ke berbagai elemen kehidupan, salah satunya adalah pada bidang akademik. Salah satu yang sangat populer adalah sistem manajemen pembelajaran online, dan contoh dari perangkat lunak yang digunakan adalah Moodle. Moodle merupakan platform pembelajaran yang dirancang untuk memberi para pendidik, administrator, dan pelajar dengan satu sistem yang kuat, aman, dan terintegrasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang dipersonalisasi. eLDirU merupakan platform pembelajaran berbasis moodle. eLDirU memiliki banyak fitur seperti mengakses course atau matakuliah, melakukan pengumpulan tugas, serta mengerjakan kuis yang diberikan oleh dosen. Dengan banyaknya jumlah kelas dan  Dengan banyaknyan kuis serta tugas yang diupload pada eLDirU, menimbulkan permasalahan bagi admin untuk mengelola kuis dan tugas secara manual. yang perlu adanya suatu sistem monitoring agar user maupun admin dapat dengan mudah memfilter kuis dan tugas yang sudah diupload pada eLDirU. Dengan dikembangkannya aplikasi sistem informasi monitoring kuis dan tugas, masalah filterisasi kuis dan tugas pada eLDirU dapat teratasi sekaligus membuat kuis dan tugas mampu dikelola dengan baik oleh admin tanpa perlu melakukan pengecekan disetiap masing-masing kelas.
Analisis Kinerja Perusahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. XYZ) Muhammad Rizki Hamdalah; Katon Muhammad; telma anis safitri
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JPTI - Januari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.6

Abstract

XYZ merupakan salah satu perusahaan dibidang makanan cepat saji di Indonesia. Perusahaan ini telah melakukan pengukuran kinerja guna mengevaluasi performansi perusahaan. Akan tetapi, dalam pengukurannya hanya dilakukan berdasarkan aspek finansial saja. Dengan pengukuran kinerja pada finansial saja , tidaklah cukup untuk mendeteksi kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Maka dari itu diperlukan metode pengukuran kinerja yang lebih komprehensif untuk menjadi tolok ukur pencapaian target sebuah perusahaan. Tujuan dilakukan penelitian ini guna mengetahui bagaimana penerapan balance scorecard pada PT. XYZ. Balance Scorecard merupakan sebuah metode yang digunakan di penelitian ini untuk mempertimbangkan kinerja dari segi finansial maupun nonfinansial dalam pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja pada penelitian ini menggunakan kuisioner pengembangan organisasi untuk menilai perspektif proses bisnis dan internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja berdasarkan perspektif pelanggan sudah cukup baik, sedangkan berdasarkan dari perspektif finansial, proses bisnis internal, serta belajar dan pertumbuhan dinilai belum cukup baik sehingga diperlukan perbaikan.
Menentukan Kerangka Kerja Arsitektur Enterprise yang tepat dalam Perancangan Arsitektur Skala Besar Hanung Nindito Prasetyo; Ferra Arik Tridalestari
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JPTI - Januari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.7

Abstract

Penerapan arsitektur enterprise bertujuan menciptakan adanya keselarasan antara entitas bisnis dan teknologi informasi dalam sebuah perusahaan. Implementasi arsitektur enterprise sangat ditentukan bagaimana perusahaan membuat perencanaan dan membuat rancangan arsitektur enterprise tersebut. Masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam memilih dan merancang arsitektur enterprise. Tahapan dalam pengembangan model arsitektur enterprise sangatlah penting dan akan berlanjut pada tahapan berikutnya yaitu rencana implementasi. Namun untuk membangun sebuah arsitektur enterprise dibutuhkan kedalaman pemahaman khususnya bagaimana menempatkan peran dan posisi arsitektur enterprise dalam praktik manajemen organisasi. Terkadang arsitektur enterprise yang dibangun gagal untuk diimplementasikan dalam arti tidak sesuai harapan pada awal perencanaan perusahaan atau organisasi. Pertanyaannya adalah bagaimana merancang arsitektur yang tepat?. Oleh karena itu, makalah ini mengusulkan cara pemilihan Kerangka kerja yang tepat terkait visi, misi tujuan dan keunikan organisasi sehingga arsitektur enterprise yang dihasilkan memudahkan organisasi dalam menentukan langkah serta strategi dalam perjalanan serta aktivitasnya mencapai tujuan bisnisnya.
Hubungan Personal Hygiene dan Sanitasi dengan Infeksi Soil Transmitted Helminths pada Anak Usia Sekolah Dasar disekitar TPA sarah paramita saskyarasmi; Octavia Permata Sari; Siti Munfiah
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JPTI - Januari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.8

Abstract

Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) termasuk dalam “neglected tropical infectious disease”. Prevalensi infeksi STH tertinggi didapatkan pada anak usia sekolah dasar. Terdapat berbagai faktor yang dihubungkan dengan tingginya kejadian infeksi STH pada anak usia sekolah dasar seperti, personal hygiene dan sanitasi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan personal hygiene dan sanitasi dengan infeksi STH pada anak usia sekolah dasar di sekitar TPA. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan cara mengkaji 25 artikel yang telah terpilih sesuai kriteria yang ditentukan. Pencarian artikel dilakukan pada mesin pencari elektronik Google Scholar dan Directory of Open Access Journal menggunakan kata kunci, yaitu : Soil Transmitted Helminths, personal hygiene, sanitasi, anak usia sekolah dasar dan lingkungan TPA. Prevalensi infeksi STH pada anak usia sekolah dasar di sekitar TPA ditemukan 17,3%-24,8%. Sedangkan prevalensi infeksi STH pada anak usia sekolah dasar yang tidak tinggal di sekitar TPA ditemukan 6,8%-48,32%. 8 dari 11 penelitian menemukan adanya hubungan bermakna antara personal hygiene dengan infeksi STH pada anak usia sekolah dasar. 2 dari 4 penelitian menemukan adanya hubungan bermakna antara sanitasi dengan infeksi STH pada anak usia sekolah dasar. Daerah TPA berdampak pada kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya kecacingan. Beberapa literatur menunjukkan adanya hubungan bermakna antara personal hygiene dan sanitasi dengan infeksi STH pada anak usia sekolah dasar.
Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Menghitung Jarak, Waktu, dan Kecepatan pada Siswa Kelas V Marsanto Marsanto
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 1 (2021): JPTI - Januari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.10

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas kondisi nyata rendahnya kemandirian dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gunungsari, khususnya pada mata pelajaran Matematika dengan materi menghitung  jarak, waktu, dan kecepatan dan guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang tepat serta cenderung membosankan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan: (1) Proses pembelajaran model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar  siswa  dalam menghitung jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V, (2) Peningkatan kemandirian siswa dalam belajar  menghitung jarak, waktu, dan kecepatan setelah dilakukan pembelajaran model Snowball Throwing  pada siswa kelas V, (3) Peningkatan prestasi siswa dalam belajar menghitung jarak, waktu, dan kecepatan setelah dilakukan pembelajaran model Snowball Throwing  pada siswa kelas V. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Prosedur dalam setiap siklus mencakup langkah-langkah: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Hasil penelitian ini adalah ini adalah dengan adanya pembelajaran metode snowball throwing, terdapat peningkatan proses pembelajaran yang ditandai dari 4 siswa yang antusias pada prasiklus menjadi 7 siswa pada siklus I, dan meningkat menjadi 9 siswa pada siklus II, adanya peningkatan kemandirian siswa, serta adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran yang baik, pada guru maupun siswa.
Interpretasi Geologi Daerah Cidora Dan Sekitarnya, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Dea Rizqi Zerlinda; Maulana Rizki Aditama
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JPTI - Februari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.11

Abstract

Pemetaan geologi diakukan di daerah Cidora dan sekitarnya, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Daerah ini termasuk ke dalam Zona Pematang dan Kubah Zona Depresi Tengah (Van Bemmelen,1949), tepatnya pada zona Pegunungan Serayu Selatan. Pemetaan ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui keadaan geologi di daerah pemetaan dan menambah pengetahuan mengenai pemetaan geologi pagi penyusun. Pemetaan geologi dilakukan dengan berbagai tahapan, antara lain tahap pendahuluan yaitu studi pustaka, tahap analisis citra, analisis geomorfologi dan analisis stratigrafi, dan tahap pengolahan data hingga mendapatkan hasil, dan yang terakhir tahap pembuatan laporan. Dari hasil pemetaan yang dilakukan didapatkan beberapa informasi mengenai aspek-aspek geologi. Aspek geomorfologi dari daerah penelitin terdiri dari Satuan Perbukitan Homoklin Karanggayam, Satuan Lembah Antiklin Cidora, dan Satuan Punggungan Blok Sesar Binangun. Stratigrafi daerah penelitian tersusun dari tua ke muda yaitu Satuan Batulempung Sisipan Batupasir, Satuan Perselingan Batupasir Batulempung, dan Satuan Batupasir. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan informasi bahwa daerah ini terendapkan pada lingkungan bathyal tengah - neritik luar pada Miosen Tengah hingga Pliosen. Struktur geologi yang terdapat di daerah ini yaitu struktur lipatan antiklin yang membentang dari arah Baratlaut (NW) – Tenggara (SE) dan sesar geser kiri. Proses yang masih berlanjut hingga kini yaitu proses eksogen berupa erosi yang mengakibatkan daerah penelitihan memiliki kondisi seperti sekarang.
Hubungan antara Kecacingan dengan Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar Yusrina Nika Amalia; Octavia Permata Sari; Siti Munfiah
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JPTI - Februari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.12

Abstract

Kecacingan merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit berupa cacing yang salah satu penularannya melalui tanah. Kecacingan lebih sering terjadi pada anak usia sekolah dasar. Kecacingan dapat menjadi salah satu penyebab defisiensi zat gizi pada anak. Asupan gizi yang tidak memadai secara kronik dapat menjadi penyebab stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecacingan dengan status gizi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan cara mengkaji 20 artikel yang telah terpilih sesuai kriteria yang ditentukan. Pencarian artikel dilakukan pada mesin pencari elektronik Google Scholar, Portal Garuda dan Directory of Open Access Journal menggunakan kata kunci, yaitu: kecacingan, infeksi cacing, status gizi, siswa sekolah dasar. Prevalensi kecacingan pada siswa sekolah dasar ditemukan bervariasi didapatkan prevalensi kecacingan antara 2,6%-79,7%. Pada pemeriksaan status gizi didapatkan lebih banyak respondennya dikategorikan normal atau baik. Terdapat hubungan bermakna antara kecacingan dengan status gizi siswa sekolah dasar pada beberapa jurnal.Terdapat hubungan bermakna antara kecacingan dengan status gizi siswa SD menurut IMT/U pada 4 penelitian, BB/U pada 1 penelitian, dan TB/U pada 2 penelitian.
Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Erwing Erwing; Andi Kurniawati Ahmad
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia Vol 1 No 2 (2021): JPTI - Februari 2021
Publisher : CV Infinite Corporation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52436/1.jpti.15

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana, dengan pemberian tugas terstruktur, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Mipa3  Man 2 Bone Kabupaten Bone, yang berjumlah 36 orang. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun prosedur setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan ( refleksi ). teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini yaitu tentang hasil belajar yang diambil dengan tes pada akhir setiap siklus, data aktivitas siswa diambil dengan cara menggunakan lembar observasi, pada saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan selama dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa kelas X MIPA3 MAN 2 Bone Kabupaten Bone, mengalami peningkatan pada setiap pertemuan siklus I dan Siklus II atau berada pada criteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dan Siklus II. Hal ini di tunjukkan oleh (1) meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke Siklus II yaitu 15 siswa pada siklus I menjadi 30 siswa pada siklus II. Dengan demikian Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana dengan pemberian tugas terstruktur  dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil  Belajar Biologi Kelas X Mipa3 Man 2 Bone Kabupaten Bone.

Page 1 of 18 | Total Record : 176