Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 4 No 1 (2021): Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Manajemen Public Relations dalam Sosialisasi Program Pemberian Insentif Guru Ngaji

Nisa Robiah (Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat)
Yusuf Zaenal Abidin (Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi)
Dyah Rahmi Astuti (Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen public relations yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Cimahi dalam mensosialisasikan program pemberian insentif guru ngaji. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif. Peneliti mendeskripsikan fenomena yang diteliti berdasarkan data dari informan yaitu Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen public relations yang dilakukan Disdik Cimahi dalam sosialisasi program pemberian insentif guru ngaji diawali dengan tahap (1) pencarian data (fact finding) meliputi a) analisis program dan b) analisis khalayak. Tahap (2) perencanaan meliputi a) penetapan tujuan, b) menyusun kerangka acuan kerja (KAK), c) menetapkan target sasaran dan d) menyusun anggaran. Tahap (3) bertindak dan berkomunikasi meliputi a) penentuan sifat, tatanan dan jenis komunikasi, b) menyusun pesan sosialisasi dan c) menentukan komunikator sosialisasi. Tahap (4) yaitu evaluasi pada tingkat dampak/efek. Kata Kunci: Manajemen public relations; insentif guru ngaji; Cimahi agamis ABSTRACT The research aims to describe socialization process which conducted by Cimahi Education Office in incentive religion teacher program. The research used descriptive method. The descriptions based on data obtained from informants, namely the Cimahi Education Office. The result showed public relations management by Cimahi Education Office in socialization of incentive religion teacher program, began stage (1) fact finding, covers a) program analysis, and b) public analysis. Stage (2) planning, covers a) set goals, b) formulate terms of reference, c) set targets and d) prepare budget. Stage (3) taking action and communicating, covers a) determine type of communication, b) compose message, and c) determine the communicator. Stage (4) evaluation, at level of impact. Keywords: Public relations management; incentive religion teacher, Cimahi Agamis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...