Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 4 No 1 (2021): Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Pengelolaan Digital Public Relations melalui Media Internal Kontak PT KAI

Nurul Hanifa (Ilmu Hubungan Masyarakat)
Yusuf Zaenal Abidin (Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi)
Dyah Rahmi Astuti (Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Dakwah dan Komunikasi)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Digital Public Relations melalui Media Internal Kontak PT Kereta Api Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Digital PR pada Media Internal Kontak melalui lima tahapan, yaitu (1) planning yakni dengan merencanakan tujuan dengan membuat perencanaan taktis yang dikategorisasikan menjadi penentuan rubrik, penentuan PIC dan penentuan tema pada setiap edisi Media Internal Kontak yang akan diterbitkan. (2) organizing dengan melakukan staffing (pembagian kerja) kepada seluruh individu yang terlibat dalam pembuatan konten Media Internal Kontak. (3) communicating yakni dengan memanfaatkan beberapa media diantaranya, portal internal E-office, Corporate Email dan Whatsapp untuk publikasi Media Internal Kontak kepada publik internal. (4) controlling dengan melakukan pengawasan bersifat internal berupa pengawasan konten, serta menampung saran dan kritik dari pembaca. (5) evaluating, menyewa jasa konsultan humas, melakukan evaluasi bulanan, serta melaksanakan evaluasi tahunan. Kata Kunci : Pengelolaan; Digital Public Relations; Media Internal ABSTRACT This research aims to find out the management of Digital Public Relations through Internal Media Contact of PT Kereta Api Indonesia. The research method uses a descriptive method, while the data collection technique performed is an in-depth interview. The results showed that the management of Digital PR in Internal Media Contact through five stages, namely (1) planning by planning the objective by making tactical planning categorized into the determination of rubrics, pic determination and determination of themes in each edition of Internal Media Contact to be published. (2) organizing by staffing to all individuals involved in the creation of Internal Media Contact content. (3) communicating by utilizing several media including, internal portal E-office, Corporate Email and Whatsapp for publication of Internal Media Contacts to the internal public. (4) controlling by conducting internal surveillance in the form of content supervision, as well as accommodating advice and criticism from readers. (5) evaluating, hiring Public Relations consulting services, conducting monthly evaluations, and carrying out annual evaluations. Keywords : Management; Digital Public Relations; Media Internal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...