Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 4 No 2 (2021): Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Strategi Media Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan

Saffanah Djehan Adnin (Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Dadan Suherdiana (Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Abdul Aziz Ma'arif (Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun hubungan yang harmonis dengan media massa menggunakan konsep strategi Media Relations dan Model Two-way symmetric, sehingga banyak media-media lokal yang memberikan pemberitaan yang berdampak positif bagi perusahaan dalam membangun reputasi yang baik di mata publik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif melalui pendekatan interpretatif dan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme untuk memahami proses dan interaksi sosial yang terjadi antara praktisi Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dengan pihak media dengan mengkonstruksikan strategi Media Relations. Hasil dari penelitian ini diinterpretasikan menggunakan konsep strategi Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara melalui tiga tahapan, yaitu: 1) Mengelola relasi, Humas Perumda Tirtawening membangun hubungan baik dengan pihak media dengan strategi membentuk tim media internal perusahaan dan melaksanakan program-program Media Relations. 2) Mengembangkan strategi relasi dengan meningkatkan publisitas. 3) Mengembangkan jaringan dengan melebarkan network-nya dengan menjalin hubungan dengan organisasi profesi kewartawanan. The research aims to describe the efforts made by Perumda Tirtawening Bandung City in building a harmonious relationship with the mass media used the concept of strategy Media Relations and the Model Two-way symmetric, so that many local media provide news that has a positive impact on the company in building good reputation. The research method used is descriptive-qualitative research through an interpretive approach and used the constructivism paradigm to understand the processes and social interactions that occur between Public Relations Officer of Perumda Tirtawening Bandung City and the media by constructed a strategy Media Relations. The results are interpreted using the concept of strategy Media Relations proposed by Yosal Iriantara through three stages: 1) Managing relations, Public Relations of Perumda Tirtawening builds good relations with the media with the strategy of forming the company's internal media team and implemented programs Media Relations. 2) Develop a relationship strategy by increasing publicity. 3) Develop network by widening network by established relationships with professional journalism organizations.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...