Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
Vol 4 No 2 (2021): Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat

Kampanye Public Relations Inspektorat Kota Sukabumi dalam Mensosialisasikan Portal Pengaduan Masyarakat

Nurul Galia (Jurusan Ilmu Komunikasi Humas)
Ujang Saefullah (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Uin Sunan Gunung Djati Bandung)
Paryati Paryati (Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Uin Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Abstrak Inspektorat Kota Sukabumi merupakan lembaga pemerintah yang bertugas sebagai pengawas penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah. Portal Pengaduan Masyarakat merupakan salah satu inovasi terbaru yang diluncurkan pada bulan November 2020 oleh Inspektorat Kota Sukabumi sebagai sarana masyarakat menyampaikan aduan dan konsultasi terkait pelayanan ASN Kota Sukabumi. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui gambaran mengenai tahap-tahap aktivitas Kampanye public relations dalam mensosialisasikan Portal Pengaduan Masyarakat. Metode yang diterapkan ialah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan model kampanye Ostegaard. Hasil penelitian ini menunjukkan empat tahap, yakni : Pertama, Tahap perencanaan kampanye, yakni dengan melakukan identifikasi awal serta penetapan tujuan. Kedua, Tahap pengaturan tata kerja, mulai dari, penetapan publik sasaran, pesan kampanye, komunikator, serta penetapan media kampanye. Ketiga, Tahap pelaksanaan, meliputi penyelenggaraan sosialisasi secara langsung dan tidak langsung. Keempat, Tahap evaluasi yakni tahap untuk menilai sejauh mana keberhasilan yang diraih dari aktivitas kampanye public relations Kata Kunci : Kampanye; Kampanye Public relations; Sosialisasi ABSTRACT The Sukabumi City Inspectorate is a government institution that is in charge of supervising the implementation of regional government affairs. The Community Complaint Portal is one of the latest innovations launched in November 2020 by the Sukabumi City Inspectorate as a means for the community to submit complaints and consultations regarding the Sukabumi City ASN services. This study has the aim of knowing an overview of the stages of public relations campaign activities in disseminating the Public Complaint Portal. The method applied is a qualitative descriptive method using the Ostegaard campaign model. The results of this study indicate four stages, namely: First, The campaign planning stage, namely by conducting initial identification and setting goals. Sceond. The stage of setting up work procedures, starting from determining the target public, campaign messages, communicators, and determining the campaign media. Third, The implementation stage includes direct and indirect socialization. Forth,, the evaluation stage is the stage to assess the extent to which the success achieved from the public relations campaign activities Keywords : Campaign, Public relations Campaign, Socialization

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

reputation

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan ...