Seminar Nasional Pendidikan IPA
Vol 1, No 1 (2021): Prosiding Seminar Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI

Mellyzar Mellyzar (Universitas Malikussaleh)
Riska Imanda (Universitas Malikussaleh)
Yusnidar Yusnidar (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon dari modul berbasis problem based learning pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu define, design, dan development. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik di SMA Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara serta 3 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik di SMA 3 Putra Bangsa Aceh Utara. Hasil penellitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validator ahli materi mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai 85,14%, sedangkan nilai rata-rata validator ahli media mendapatkan kategori valid dengan nilai 72,57%. Nilai rata-rata dari kelayakan yang dilakukan oleh 6 orang guru kimia didapatkan sebesar 91,87% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk nilai rata-rata dari 60 orang peserta didik didapatkan sebesar 91,47% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem based learning yang dikembangkan sangat layak dan sangat baik sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2021