cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Seminar Nasional Pendidikan IPA
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 128 Documents
Pengembangan Prototipe Courseware Sistem Ekskresi dan Osmoregulasi pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan Adeng Slamet
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.908 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan berupa produk courseware (educational software) untuk pembelajaran dalam mata kuliah Fisiologi Hewan di Program StudiPendidikanBiologi FKIP Universitas Sriwijaya. Desain dalam penelitian ini mengacu kepada penelitian pengembangan pendidikan. Prosedur kerja yang dilakukan dalam desain ini terbatas pada tahap pengembangan produk hingga dihasilkan prototype courseware pada konsep system ekskresi dan osmoregulasi. Hasil pengembangan dalam penelitian ini berupa: a) Flowchart program, yaitu untuk menggambarkan diagram alur jalannya program pembelajaran yang dikembangkan. Bagaimana program itu akan berlangsung sejak awal sampai akhir program. b) Storyboard (papan cerita). Storyboard memuat gambaran materi pembelajaran yang dikembangkan dengan berpijak kepada flowchart yang telah disusun; dan c) Prototipe produk courseware. Produk courseware hasil pengembangan memuat penyajian materi ekskresi dan osmoregulasi yang ditampilkan melalui uraian teks, gambar diam, animasi, simulasi, serta video. Penyajian informasi yang beragam demikian diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan belajar mahasiswa dalam perkuliahan fisiologi hewan khususnya di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya. Produk courseware yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan ini masih bersifat off line
Desain Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Ipa Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep di Kelas VII, VIII dan Kelas IX SMP/MTs Kistiono Kistiono; Taufik Taufik; M. Muslim Muslim
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.131 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mendesain lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep di kelas VII, VIII dan kelas IX SMP/MTs pada semester gasal. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu: pendifinisian, pendesainan dan pengembangan. Pada tahap pendifinisian peneliti peneliti mengkaji urgensi rambu-rambu kopetensi inti (KI),kopetensi dasar (KD), strategi dan capaian pembelajaran yang isyaratkan dalam kurikulum 13, pada tahap perencanaan, peneliti membuat draf LKPD semester gasal untuk masing-masing kelas, membuat draf pemetaan capaian tes pemahaman konsep dalam bentuk jawaban pilihan yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Pada tahap pengembangan peneliti melakukan validasi draf LKPD, intrumen tes kepahaman konsep melalui expert judgement tiga pakar, dari hasil validasi dilakukan revisi. Dari hasil penelitian dan validator setelah revisi dapat disimpulkan, bahwa: desain lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA pada kajian fisika berbasis saintifik untuk kelas VII didapat pokok bahasan yang dapat dikembangkan yaitu: (1) Penyelidikan IPA, (2) Pengukuran, (3) Perubahan wujud zat, (4) Metode pemisahan campuran berdasarkan sifat fisik dan kimia, dan didapat item tes pemahaman konsep yang dapat dikembangkan didapat 15 item tes yaitu 6 indikator masing-masing: interpretasi, mencontohkan, pengklasifikasian, menggeneralisasikan, mengiferensi, membandingkan masing-masing 2 item tes, dan indikator menjelaskan 3.item tes, sedangkan untuk kelas VIII, didapat 7 pokok bahasan yang dapat dikembangkan yaitu: (1) Gerak lurus, (2) Hk.1Newton, (3) Hk. 2 Newton, (4) Hk 3Newton, (5) Usaha, (6) Pesawat sederhana, dan (7) kesetimbangan dan didapat item tes pemahaman konsep yang dapat dikembangkan didapat 25 item tes yaitu untuk indikator interpretasi 4 item tes, indikator mencontohkan 4 item tes, pengklasifikasian item 2 tes, menggeneralisasikan 3 item tes, mengiferensi 4item tes, membandingkan 4 item tes, dan menjelaskan 4 item tes. Sedangkan pada kelas IX, didapat 7 pokok bahasan yang dapat dikembangkan yaitu: (1) Konsep listrik statis dan gejala listrik statis, (2) Hantara listrik, (3) Arus listrik, (4) Rangkaian listrik, (5) Rangkaian seri dan paralel pada arus DC, (6) Sumber-sumber energi listrik, dan (7) tranmisi energi listrik. dan didapat item tes pemahaman konsep yang dapat dikembangkan didapat 28 item tes dengan 7 indikator masing-masing: interpretasi, mencontohkan, pengklasifikasian, menggeneralisasikan, mengiferensi, membandingkan indikator menjelaskan masing-masing 4 item tes.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP PGRI Palembang Widiya Nopita; Fuad Abd. Rachman; Sardianto Markus Siahaan
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.523 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP PGRI 1 Palembang. Populasi penelitian ini adalah 192 siswa seluruh kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen (VII 2) yang berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol (VII 1) yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quisi Experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes untuk menganalisis data digunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Selain itu kedua varians kelas dalam penelitian ini bersifat homogen. Setelah kedua kelas berdistribusi normal dan bersifat homogen barulah data dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh nilai thitung= 4,231, sedangkan ttabel= 2,000 (thitung>ttabel) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII di SMP PGRI 1 Palembang.
Pengembangan Butir Soal Tes Kinerja pada Mata Pelajaran Kimia SMA Berdasarkan Keterampilan Proses Sains Muhammad Merlis; Effendi Effendi; Hartono Hartono
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.745 KB)

Abstract

This research aims to develop an assessment rubric items and performance tests based on the basic science process skills. This type of research is research and development (development research). The model used to follow the model of the development of a test that consists of stages Defining the test universe, audience, and purpose; Developing a test; Revising the test; and Validation the test. The resulting product tested by a teacher and students of class XI MIA Senior Hight School of Srijaya Negara in Palembang. The results stating that the products are practice with percent average of practicality is reached 76%, and meet the criteria forreliable with a Cronbach alpha value is 0.727. Validator declared product that developed is valid and fit for use. Obtained empirical validity of the value ofthe test results indicate that the products included in the categoryis valid.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Palembang Artha Yustika; Supardi Supardi; Muhammad Ali
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.04 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan desain posttest only control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.4 berjumlah 40 orang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.1 berjumlah 40 orang (kelas kontrol) SMP Negeri 2 Palembang tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes pada materi bunyi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Palembang. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji statistik uji-t dimana diperoleh bahwa thitung (7,54) > ttabel(1,994) pada taraf signifikan 0,05 dan juga diperkuat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (80,25) lebih tinggi dibandingkan nilai ratarata posttest kelas kontrol (64,87).
Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Berbasis Kearifan Lokal Sarwanto Sarwanto
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.39 KB)

Abstract

Produk budaya lokal yang menjadi sarana untuk kenyaman hidup manusia adalah teknologi. Salah satunya alat bantu mengambil air di persawahan yaitu sumur senggot. Prinsip sumur senggot dapat disederhanakan menjadi prinsip tuas. Melalui serangkaian proses sains dimulai dari mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan, dengan menggunakan alat data dan hubungan matematis akan didapat konsep tuas pada pesawat sederhana. Integrasi S, T, E, M menjadi satu kesatuan memberi dampak siswa mampu mengkosntruk pengetahuannya
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Dunia Tumbuhan di Kelas X SMA Srijaya Negara Palembang Poppy Purnamasari; Yenny Anwar; Didi Jaya Santri
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.952 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini menerapkan metode Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Counterbalanced. Pengambilan data tes pemahaman konsep dilakukan di 2 kelas eksperimen, pada pertemuan pertama kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dan pada pertemuan kedua kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Analisis data uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS22. Hasil uji hipotesis pemahaman konsep untuk kedua kelas eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 3,974 dan 2,101, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df 60 adalah 2,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada kedua kelas eksperimen thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua kelas eksperimen dan kontrol pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi (pertemuan pertama 70,88 dan pertemuan kedua 78,54) dibandingkan kelas kontrol (52,96 dan 55,79). Dengan demikian pada kedua kelas tersebut terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran NHT terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas X SMA Srijaya Negara Palembang pada Materi Dunia Tumbuhan.
Pengembangan Modul Praktikum Elektronika Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Muhammad Muslim; Syuhendri Syuhendri; Saparini Saparini
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.713 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum elektronika dasar berbasis proyekyang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Metoda yang digunakan dalam penelitian adalah Research dan Development (R&D) yang mengacu pada penelitian pengembangan yang merujuk pada Thiagarjan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Tahap Pendefinisian (define), (b) Tahap Perencanaan (Design), (c) Tahap Pengembangan (Develop) dan (d) Tahap Diseminasi (Disseminate). Pada tahap pengembangan (Develop) dilakukan evaluasi yang merujuk pada evaluasi Tesmer yang terdiri dari penilaian sendiri (self evaluation), validasi ahli (expert review ), uji orang perorangan (one to one evaluation), uji kelompok kecil (small group evaluation) dan pengujian lapangan (field test).Dari hasil penelitian berupa produk modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek diperoleh tingkat kevalidan sebesar 82,07% dengan kategori valid, sedangkan tingkat kepraktisan ditinjau dari tahap uji coba produk pengembangan pada tahap one-toone evaluatuiondiperoleh hasil rata-rata sebesar 81,85 % dengan kategori praktis dan ratarata sebesar 86,79 % dengan kategori sangat praktis pada tahap uji coba small group evaluation.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 19 Palembang pada Materi Sistem Ekskresi Annisa Tiara Linanti; Yenny Anwar; Lucia Maria Santoso
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.341 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 19 Palembang pada bulan April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Palembang sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre experimental one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir keterampilan metakognitif dan angket respon peserta didik terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai peserta didik pada tiap aspek keterampilan metakognitif (keterampilan perencanaan, keterampilan monitor, serta keterampilan evaluasi) antara tes awal dan tes akhir. Nilai gain pada tiap aspek keterampilan metakognitif (keterampilan perencanaan, keterampilan monitor, dan keterampilan evaluasi) berturut-turut adalah 38,62; 23,95; dan 38,29 yang berada dalam kategori n-gain sedang. Setelah uji hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (signifikansi) uji hipotesis sebesar 0,000. Rata-rata respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik.
Penerapan Strategi Role Playing Berbasis STEM pada Materi Nuklir dalam Meningkatkan Partisipasi dan Kemampuan Mahasiswa Murniati Murniati
Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Pendidikan IPA
Publisher : Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.185 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan mahasiswa dengan strategi role playing berbasis STEM di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri pada mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2015/2016 sebanyak 14 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah – masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran. PTK mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan dengan penelitian yang lain, diantaranya yaitu : masalah yang diangkat adalah masalah yang diahadapi oleh guru dikelas dan adanya usaha tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian Tindakan Kelas termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bisa saja kuantitatif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Hasil penelitian menunjukan rata-rata partisipasi mahasiswa selama bermain peran berbasis STEM masing-masing siklus yaitu: 26 %, 54 % dan 83 %. Skor kemampuan memahami dan mengemas informasi Science (sains), Technology (teknologi), Engineering (teknik) dan Mathematics (matematika) pada masing-masing siklus yaitu: 26, 53 dan 86, untuk teknology, 60,70,dan 87, untuk engineering, 50, 60 dan 88, untuk mathematics, 25, 40 dan 60. Kesimpulan dari pembelajaran dengan strategi role playing berbasis STEM dapat meningkatkan partisipasi dan kemampuan memahami materi nuklir dalam lingkungan.

Page 1 of 13 | Total Record : 128