Journal of Food and Culinary
Vol. 2 No. 2 [Desember 2019]

Identifikasi Kebutuhan Konsumen Katering Makan Siang Di Lingkup Dosen dan Karyawan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Palupi Melati Pangastuti (Universitas Ahmad Dahlan)
Rai Rake Setyawan (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Bisma Catering merupakan teaching factory di program studi vokasi D-IV Bisnis Jasa Makanan. Konsumen Bisma Catering adalah dosen dan karyawan Universitas Ahmad Dahlan. Konsumen memiliki kebutuhan dan selera yang berbeda-beda. Permasalahannya adalah Bisma Catering belum memiliki data akan keinginan dan selera konsumen. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan kebutuhan konsumen katering di Universitas Ahmad Dahlan. Studi ini merupakan studi deskriptif dengan metode survei. Subyek adalah dosen dan karyawan UAD dengan jumlah (n) 100 orang. Instrumen studi berupa google form yang disebar melalui aplikasi whatsapp. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil studi menunjukkan 58,7% responden adalah perempuan. 59,7% berprofesi sebagai dosen dan 40,3% karyawan. 42,9%% responden menginginkan makan siang dengan rentang harga Rp 13.000-15.000. 44,7% menyukai rasa sedikit pedas. 93,5% tidak ada alergi makanan, 93,5% menyukai sayur dan 67,5% menginginkan masakan yang ditumis. 48,1% menginginkan kemasan rantang plastik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Food and Culinary (JFC) is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and Desember). The JFC focuses on the publication in food service industry and ...