Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012

Pengembangan Buku Ajar Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pemecahan Masalah Terbuka.

I Gusti Ngurah Japa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2012

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Matematika I Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Berbasis Pemecahan Masalah Terbuka. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model ADDIE. Rancangan produk divalidasi oleh ahli isi, ahli desain, ahli media, dan kemudian dilakukan uji perorangan dan kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan-temuan dari penelitian ini adalah (1) buku ajar yang disusun mimiliki kelayakan isi sebesar 77,14%, kelayakan desain sebesar 88,89%, dan kelayakan media sebesar 88,57%; dan (2) tingkat kelayakan uji terbatas perorangan mahasiswa sebesar 83,8%, dosen sebesar 76,36%, dan uji kelompok sebesar 78,35%. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan adalah pada setiap unit berisi (1) konsep-konsep kunci, (2) kerangka isi, (3) kompetensi dasar, (4) indikator hasil belajar, (5) uraian materi sesuai dengan unit yang dipaparkan, (6) rangkuman, (7) lembar masalah, dan (8) tes akhir unit. Pada bagian uraian materi disajikan contoh-conroh masalah terbuka. Pada bagian lembar masalah dan tes akhir unit disajikan masalah-masalah matematika kontekstual dan bersifat terbuka. Kata-kata Kunci: pendidikan matematika, matematika realistik, pemecahan masalah.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...