Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012

Pengaruh Media Facebook dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa

Ni Putu Era Marsakawati (Unknown)
Putu Eka Dambayana Suputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Facebook dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis, rubrik penskoran analitik, dan instrumen gaya belajar. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Facebook dan mahasiswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media Facebook, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa dengan gaya belajar field dependent dan mahasiswa dengan gaya belajar field independent. (3) terdapat pengaruh interaksi antara teknik pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Kemampuan menulis mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Facebook lebih baik dibandingkan mahasiswa yang tidak diberikan pembelajaran menggunakan media Facebook. Kemampuan menulis mahasiswa dengan gaya belajar field dependent lebih baik dibandingkan mahasiswa dengan gaya belajar field independent.. Kata-kata Kunci: media Facebook, gaya belajar, kemampuan menul

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...