PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol. 9 No. 17 (2014)

USING DICTOGLOSS TO FOSTER COLLEGE STUDENTS’ LISTENING ABILITY IN UNDERSTANDING BREAKING NEWS TEXTS: A CLASSROOM-BASED ACTION RESEARCH

I Putu Ngurah Wage Myartawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2016

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan mendengarkan mahasiswa pada mata kuliah Listening III dengan menggunakan dictogloss sebagai sebuah strategi interaktif mengajar keterampilan mendengarkan, dan (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan dictogloss. Penelitian ini melibatkan 32 mahasiswa. Didasarkan pada hasil pre-tes, terindikasi bahwa mahasiswa memiliki kemampuan mendengarkan yang rendah. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, kuesioner, diari peneliti, dan wawancara informal. Penelitian terlaksana dalam dua siklus dan hasil penelitian mengindikasikan peningkatan kemampuan mendengarkan mahasiswa. Peningkatan ini terjadi karena dinamika kelas yang mengalami perbaikan. Sifat kooperatif dan interaktif dictogloss melalui proses negosiasi makna dalam kerja berpasangan dan kelompok memungkinkan terjadinya pembelajaran teman sejawat dan pengajaran teman sejawat dalam pembelajaran mendengarkan di kelas, yang dilihat dari perspektif pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa, dapat meningkatkan jumlah input yang dapat terpahami—sebuah faktor penting dalam pembelajaran bahasa kedua. Sejalan dengan dinamika kelas ini, respon mahasiswa dilaporkan positif terhadap penerapan dictogloss.Kata kunci: dictogloss, kemampuan mendengarkan, teks breaking news

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...