PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol. 13 No. 02 (2018)

THE TEACHER’S USE OF TRANSLATION IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING BASED ON SCIENTIFIC APPROACH AT SMP NEGERI 4 AND SMP NEGERI 5 SINGARAJA

Ni Made Ayu Sulatri Okta Pratiwi (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali-Indonesia)
I Gede Budasi (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali-Indonesia)
Ida Ayu Made Istri Utami (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali-Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan suara dari kata-kata pinjaman dari bahasa Ingris ke bahasa Indonesia di ranah makanan dan minuman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat 5 orang informan dalam penelitian ini, 1 orang informan sebagai informan utama dan 4 orang informan lainnya sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan dengan teknik interview, perekaman, dan observasi. Hasil dari data analisis menunjukkan jika dari 70 kata pinjaman dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di ranah makanan dan minuman, ada 40 kata yang mengalami proses perubahan suara. 4 kata mengalami menjalani proses apocope, 3 kata menjalani proses cluster reduction, 6 kata menjalani proses epenthesis atau anaptyxis, 4 kata menjalani proses paragoge, 3 kata menjalani proses vowel breaking atau diphthongization, dan 20 kata menjalani proses monophthongization.Kata-kata kunci: perubahan bunyi, kata-kata pinjaman

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...