PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol. 14 No. 01 (2019)

ACCELERATED LEARNING BERBASIS DISCOVERY (ALID) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEWARNAAN BATIK SISWA KELAS XI KRIYA KREATIF BATIK DAN TEKSTIL SMK NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Ni Made Murni (SMK Negeri 1 Sukasada, Buleleng, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pewarnaan batik melalui penerapan model pembelajaran accelerated learningberbasis discovery. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, pada siswa kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil Semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar. Data dianalisis untuk menentukan rata-rata kelas (Mean) dan prosentase ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pewarnaan batik pada siswa kelas XI Kriya Kreatif Batik dan Tekstil melalui penerapan model pembelajaran accelerated learningberbasis discovery.Hasil penelitian menunnjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa 78,50 dengan ketuntasan klasi-kal 75,00% berada pada kriteria tidak tuntas. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata siswa menjadi 84,63 dengan ketuntasan klasikal 93,75 %.dan berada pada kriteria tuntas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...