WIDYATAMA
Vol 20, No 2 (2011)

Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu dan Implikasinya

Muslikh, Muslikh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2013

Abstract

Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu dan Implikasinya Muslikh FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara SukoharjoJln.Letjend.S.Humardani No.1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521Telp.+62-271-593156, Fax +62=0271-591065 Abstrak Perencanaan pembelajaran IPS terpadu meliputi : (1) Pemetaan kompetensi dasar , (2) Menjabarkan Kompetensi dasar kedalam indicator pencapaian hasil belajar, (3) Menyusun silabus, (4) menyusun desain/rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran berfokus pada siswa (Student-Centered Learning). Sebagai pusat belajar, siswa harus lebih aktif membangun suatu pemahaman, ketrampilan dan sikap erilaku tertentu (Active Learning). Aktivitas siswa menjadi lebih penting dan bermakna jika disertai dengan pengalaman belajar yang tepat. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian berbasis kelas. Penilaian berbasis kelas adalah penilaian autentik atau cara pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengukur sejauh mana pembelajaran telah berlangsung dan terintegrasi dengan pembelajar. Untuk melaksanakan pembelajaran IPS terpadu diperlukan pengajar yang bersinergi baik penjampaian oleh satu guru maupun beberapa guru (team teaching). Pembelajaran IPS terpadu memiliki peluang untuk pengembangan kreativitas akademik siswa. Menuntun kemampuan belajar siswa lebih baik, aspek intelegensi maupun kreativitas. Bahan ajar dari berbagai sumber dan dibutuhkannya sarana dan rasarana yang memadai.  Kata-kata kunci : Perencanaan pembelajaran, Pemetaan kompetensi dasar 

Copyrights © 2011