WIDYATAMA
Vol 20, No 2 (2011)

Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Tes Standar Pada Guru Biologi SMA Swasta Di Kabupaten Sukoharjo

Akbari, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2013

Abstract

Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan TesStandar Pada Guru BiologiSMA Swasta Di Kabupaten Sukoharjo Siti Akbari Fakultas Ilmu Pendidikan Program Biologi Universitas Veteran, Jl. Letjen Sujono Humardani No. 1, Sukoharjo 57521.Tel: 0271 – 593156, fak: 0271 – 593914 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesulitan, distraktor  item test yang dibuat oleh guru biologi SMA Swasta di Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 sebelum diberikan pelatihan membuat soal standar; 2) menganalisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesulitan, distraktor  item test yang dibuat oleh guru biologi SMA Swasta di Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 setelah diberikan pelatihan pertama membuat soal standar; 3) menganalisis validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesulitan, distraktor  item test yang dibuat oleh guru biologi SMA Swasta di Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 setelah diberikan pelatihan kedua membuat soal standar. Populasi dalam penelitian ini adalah  guru biologi kelas X SMA Swasta di Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari SMA Assalam, SMA Veteran, SMA Prawira Martha, SMA Iama Suhodo, dan SMA Muhammadiyah Watukelir. Variabel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu  pelatihan pembuatan tes terdiri dari pelatihan pertama dan pelatihan kedua, dan variabel terikat yaitu kemampuan guru dalam membuat tes standar yang diukur dengan validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, distraktor butir soal. Hasil penelitian ini adalah berupa analisis kualitas tes standar yang ditulis guru meliputi analisis, validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, distraktor butir soal pada lima SMA swasta di Kabupaten Sukoharjo. Hasil analisis menunjukan bahwa sesudah pelatihan pertama dan kedua menunjukkan terjadi peningkatan prosentase soal yang valid, nilai reliabilitas soal, penyebaran atau variasi tingkat kesukarannya,  prosentase kategori baik dan sangat baik pada parameter daya beda, serta semakin berfungsinya distraktor soal. Kata-katakunci :  Pelatihan, Tes Standar, Validitas, Reliabilitas, Daya Beda,TingkatKesukaran, Distraktor

Copyrights © 2011