Kreativitas adalah keterampilan yang penting dimiliki siswa dalam mencapai kesuksesan pembelajaran abad 21. Keterampilan ini dapat dicapai melalui pemanfaatan microblog. Microblog menumbuhkan minat dan mempersiapkan siswa menjadi kreator dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan microblog di era digital dapat melalui penerapan mobile learning. Mobile learning mendukung pembentukan keterampilan siswa melalui perangkat mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengajukan inovasi metode pembelajaran daring untuk mencapai kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Malang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu mobile learning dengan platform Google Meet dan Google Classroom. Selain itu penelitian ini menggunakan learning tools yaitu Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan microblog dalam pembelajaran mobile learning dapat membantu pencapaian kreativitas siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil ketuntasan belajar siswa yang mencapai angka 79% dengan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 87,7 dari nilai ketuntasan produk. Inovasi pembelajaran proyek melalui microblog ini dapat menjadi alternatif pembelajaran online.
Copyrights © 2021