Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Saat proses pembelajaran dilakukan, siswa tampak tidak menunjukkan sikap aktif dalam menjawab maupun mengemukakan pendapat, dengan jumlah populasi sebanyak 413 siswa kelas V maka perbaikan proses belajar mengajar perlu dilakukan. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design dengan jenis penelitian eksperimen semu. Kemudian ditentukan dua sampel yang dipilih dengan teknik random sampling, sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan sebagai kelompok kontrol sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Dari penghitungan didapatkan nilai rerata kelompok eksperimen = 84,90 sementara nilai rerata kelompok kontrol = 76,82. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji-t polled varians diperoleh hasil thitung = 4,46 > ttabel = 2,000 dengan dk = 64 dan taraf signifikansi 5%. Menurut kriteria pengujian maka H0 ditolak, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan mind mapping dengan kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Karena nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol maka kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai bisa memberikan manfaat positif pada kompetensi pengetahuan siswa. Penerapan model PBL berbantuan mind mapping ini dapat membuat siswa lebih partisipatif dalam belajar.
Copyrights © 2020