Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2021): April

Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD

Ni Kadek Ayu Pande Pratiwi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Komang Ngurah Wiyasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Nyoman Ganing (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2021

Abstract

Kinerja guru memang merupakan sesuatu yang kompleks dan melibatkan berbagai faktor. Kinerja yang optimal merupakan harapan semua pihak, namun kenyataan dilapangan menunjukkan masih belum optimal sehingga menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Sehingga jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian “ex-post facto”. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh atau seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 47 orang guru. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: (1) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja Guru 0,662. (2) terdapat hubungan antara motivasi kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 0,671. (3) terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,746.  Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...