Jurnal IKA
Vol. 11 No. 1 (2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KOMPETENSI DASAR PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KARTU KENDALI

Ketut Suardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 SMAN 2 Banjar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kompetensi dasar Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dengan menerapkan pembelajaran berbantuan kartu kendali. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Banjar, Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 39 orang siswa, yaitu 7 orang siswa perempuan dan 32 orang siswa putera. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan tes prestasi belajar. Tes disusun dalam bentuk pilihan ganda, Data-data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I sebesar 11,27% dan pada siklus II menjadi 4,47%. Nilai rata-rata Kompetensi Dasar Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka 70,27 dengan ketuntasan klasikal 62,16% pada Siklus I, meningkat menjadi 74,74 dengan ketuntasan klasikal 74,36%. Jadi, dengan menggunaan kartu kendali saat proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Pancasila Sebagai Idiologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Banjar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013Kata-kata kunci: kartu kendali, hasil belajar, Pancasila

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...