Jurnal IKA
Vol. 16 No. 2 (2018)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN SISWA KELAS XI BOGA 4 SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Tini Agustini (SMKN 2 Singaraja)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas XI Boga 4 SMKN 2 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Boga 4 SMKN 2 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 59, setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 73 dan pada siklus II meningkat menjadi 78. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas XI Boga 4 SMKN 2 Singaraja.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...