Jurnal IKA
Vol. 19 No. 1 (2021)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Facebook Pada Materi Pelajaran Fotografi

A. Mahardika (SMK Negeri 2 Tabanan.)
N Suharsono (Universitas Pendidikan Ganesha)
W. Mudana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan dan juga sistem pembelajaran di sekolah dan ini merupakan tantangan guru bagaimana tetap dapat melaksanakan protokol kesehatan sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan materi Fotografi berbantuan facebook. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dengan instrument yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tabanan dengan subjek Kelas XI MM yang kemampuan siswanya pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan materi Fotografi cukup rendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat 4,62% untuk hasil belajar dan dari Siklus I keĀ  Siklus II naik 8,08% untuk hasil belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Outdoor Study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa dalam Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan materi Fotografi.Kata kunci : Outdoor Study; Hasil Belajar; Facebook; Fotografi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...