Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol. 14 No. 2 (2017): Edisi Juli 2017

PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN PNEUMATIK DI SMK

Ilmawan Mustaqim (Yogyakarta State University)
Nanang Kurniawan (Yogyakarta State University)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Guru kesulitan menyampaikan materi apabila sekolah tidak memiliki benda sesungguhnya yang digunakan sebagai praktikum. Pneumatik menjadi pelajaran wajib di SMK jurusan teknik mekatronika dan teknik otomasi. Pneumatik sering digunakan dalam industri manufaktur. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan rancang bangun dan unjuk kerja augmented reality sebagai media pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE adaptasi  dari William W. Lee dan Diana L. Owens yang meliputi 1)  analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan dan implementasi, dan 4) evaluasi. Hasil dari rancang bangun berupa aplikasi Pneumatik AR dan Marker AR. Layout disusun menggunakan software CorelDraw X7, sedangkan model 3D dibuat menggunakan bantuan software Blender 3D. seluruh bahan disatukan menggunakan software Unity 3D dengan bahasa pemrograman C#. Hasil unjuk kerja diperoleh bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik pada beberapa merk dan type smartphone yang digunakan untuk pengujian. Terdapat beberapa kesalahan penampilan gambar 3d pada beberapa marker dengan perbedaan yang kurang spesifik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...