cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 02163241     EISSN : 25410652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), Mechanical Engineering as well as learning. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 505 Documents
OPTIMASI PENGGUNAAN SELACTION UNTUK PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK Desnanjaya, I Gusti Made Ngurah; Pranata, I Wayan Dani
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.333 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.21914

Abstract

Penggunaan energi listrik secara efisien masih kurang dilakukan, dikarena masih sering dijumpai pemakaian energi yang tidak efisien. Setengah dari pemakaian penggunaan energi listrik di rumah dan di bangunan gedung perkuliahan atau perkantoran terdapat pada AC. Untuk mensukseskan efisien energi secara keseluruhan perlu dilakukan dukungan perilaku, kebiasaan, dan kesadaran umum tentang penghematan energi ini perlu dilakukan. Maka dilakukan penelitian dengan  menggunakan sistem control SELACTION (safety energi listrik air conditioning) automatis yang dapat merespon pergerakan dan panas tubuh manusia. Sensor Passive Infrared Receiver atau yang dikenal dengan PIR memancarkan gelombang dan memberikan signyal apabila terdapat gerakan pada jangkauan pembacaan sensor, kemudian signyal diteruskan ke mikrokontroler dan memberikan output signyal ke rangkaian kontrol AC split. Apabila suhu pada ruangan tidak sesuai dengan yang diinginkan, pengguna dapat merubah pada perangkat SELACTION  sesuai dengan keinginan pengguna, agar tidak mengurangi rasa kenyamanan pengguna. pembuatan rancang bangun sistem SELACTION untuk penghematan energi listrik yang dilakukan sudah dapat melakukan ON/OFF automatis serta mengatur suhu secara otomatis pada AC dengan perangkat yang  portable. Alat SELACTION automatis ini ialah bekerja pada saat merespon aktifitas manusia dalam sebuah ruangan. Maka dalam penelitian ini difokuskan pada penghematan yang dapat dilakukan dengan mempergunakan alat SELACTION. Menggunkan uji experimen dengan variabel yang sama dan menggunkan uji tkomperatif uji t. Uji komparatif digunakan untuk mencari dan mengetahui hubungan antara variabel dalam panelitian, agar medapatkan selisih penghematan energi listrik yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat SELACTION.
RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL BERBASIS WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA Handayani, Indri; Lutfiani, Ninda; Kristanti, Citra Yulian
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.905 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22828

Abstract

Hak Kekayaan Intelektual atau biasa disebut dengan HKI adalah Hak ekonomis yang dimiliki oleh seseorang bagi hasil pemikirannya yang berbentuk produk ataupun proses yang berguna bagi manusia. Pengelolaan serta pemanfaatan HKI saat ini masih dirasa kurang maksimal, informasi terkait HKI belum tersampaikan kepada masyarakat luas. Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk mengelola serta memanfaatkan hasil kegiatan dan inovasinya yang kemudian hasil tersebut wajib untuk disebarluaskan. Sistem Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual sangatlah penting bagi Perguruan Tinggi dalam mengelola serta menyebarluaskan informasi terkait HKI.  Namun, saat ini sistem pengelolaan HKI yang ada di Universitas Raharja masih bersifat manual sehingga penyebarluasan informasi terkait HKI masih belum dapat dilakukan. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan adanya sebuah Sistem Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Berbasis Web supaya dapat mengelola sekaligus menyebarluaskan informasi terkait HKI yang diakses secara online sehingga informasi didapatkan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan menggunakan Content Management System (CMS). Kata kunci— Sistem Pengelolaan, Hak Kekayaan Intelektual, Website
PENGISI DAYA BATERAI TELEPON SELULER PORTABEL BERBASIS PANEL SURYA Ariawan, Ketut Udy
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.727 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22818

Abstract

Panel surya atau sering disebut solar cell merupakan suatu alat atau komponen yang terdiri dari sel surya yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Panel surya ini dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik mini, salah satunya sebagai pengisi daya baterai telepon seluler yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Panel surya yang digunakan memiliki spesifikasi tegangan 5 Volt, daya 1.2 Watt, arus 240 mA, dan memiliki dimensi ukuran 11 x 7 cm. Buck boost step down converter yang digunakan memiliki spesifikasi tegangan input 5-32 Volt, tegangan output 1.2-35 Volt, dan menggunakan chip XL6009. Rangkaian modul pengisi daya baterai yang digunakan seri TP4056 Li-ion dengan spesifikasi tegangan input 4.5-5.5 Volt. Rangkaian modul USB yang digunakan memiliki spesifikasi tegangan input 6-40 Volt, dan tegangan output 5 Volt. Pada pengisi daya baterai telepon seluler portabel ini, sinar matahari mendorong solar cell mengeluarkan tegangan untuk mengisi sebuah baterai yang bertujuan menyimpan tegangan dari solar cell. Output dari solar cell maksimal 5 VDC dan output dari baterai maksimal 3.7 VDC dengan menggunakan buckboost converter, output dari rangkaian menjadi 5 VDC. Intensitas cahaya matahari sangat mempengaruhi output tegangan solar cell. Intensitas cahaya matahari terbesar terjadi pada pukul 12.00 Wita, dengan rata-rata intensitas cahaya yang diperoleh sebesar 63.000 Candela menghasilkan tegangan sebesar ± 5.3 Volt dan arus sebesar ± 0.06 Ampere. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, diperoleh waktu pengisian daya baterai telepon seluler, yaitu 2 jam 10 menit. Kapasitas baterai pengisi daya berada pada level 1 strip, yang mampu mengisi kapasitas baterai telepon seluluer hingga 29%.
RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK SULA POLITEKNIK NEGERI SUBANG Efendi, Adhan
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.837 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe mobil listrik sula Politeknik Negeri Subang. Proses manufaktur melalui beberapa tahap seperti membaca desain rancangan, mengukur benda kerja, memotong benda kerja, penyambungan, assembly, dan uji coba. Proses ini sangat menunjang hasil akhir pada manufaktur rangka utama mobil listrik sula. Hasil rangka mobil listrik sula dilakukan dengan uji jalan trak 1 km dan beban penumpang 50 kg. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prototipe mobil listrik sula yang dibuat telah memenuhi standar untuk diikutkan dalam lomba mobil listrik Nasional.
STEM : INNOVATION IN VOCATIONAL LEARNING Fathoni, Ahmad; Muslim, Supari; Ismayati, Euis; Rijanto, Tri; -, Munoto; Nurlaela, Lutfiyah
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.384 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832

Abstract

AbstractIndonesia with a population of more than 200 million people, has an obligation to produce quality human resources to be able to compete with other countries. The problem currently faced is the high level of open unemployment, especially in SMK graduates. One way to improve the quality of human resources is by providing innovation in the learning process, especially in the field of vocational learning. Learning that can be applied in vocational education is learning based on STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). The purpose of this study is to describe more deeply about STEM learning as an innovative learning process that can be applied in vocational learning. The study was conducted using the literature review method of relevant research references and results, which were continued through focus group discussions (FGD). This study obtained the results of (1) STEM learning successfully applied both abroad and domestically; (2) it can improve students' creativity and critical thinking; (3) STEM learning can be integrated with learning models such as Project Based Learning, Problem Based Learning and cooperative learning; (4) Make students more confident in their future careers; and (5) STEM learning is very suitable for use in 21st century learning, especially in the vocational field so that STEM learning can be used as a solution in improving the quality of human resources and developing 21st century skills skills and in accordance with the objectives of vocational learning Keywords : STEM, Innovation, Learning, Vocational
OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR MELALUI SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK JURUSAN MULTIMEDIA Setyowati, Wiwit Wahyu; Munoto, Munoto; Anifah, Lilik; Rijanto, Tri; Nurlaela, Lutfiyah
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.356 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23018

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang diciptakan untuk terlaksananya pembelajaran yang terdiri dari proses pengajaran dan belajar dengan harapan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan upaya dengan optimalisasi pestasi belajar siswa. Pertanyaan yang diajukan yakni “apakah sikap kemandirian belajar dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa?” dengan tujuan untuk mengetahui apakah sikap kemandirian belajar dapat mengoptimalkan prestasi belajar ditinjau dari hasil belajar siswa. Melalui kajian literatur beberapa referensi dan penelitian yang relevan, analisa hasil penelitian, dan kemudian dilaksanakan focus group discussion. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Optimalisasi hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatkan kemandirian belajar siswa khususnya jurusan multimedia; (2) Adapun peningkatan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai langkah seperti perencanaan pembelajaran yang lebih mengarah pada penumbuhan sikap belajar secara mandiri baik berbantuan media atau kolaborasi metode pembelajaran yang bervariasi; (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran untuk optimalisasi hasil belajar melalui sikap kemandirian belajar perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti sarana prasarana serta kelengkapan pembelajaran baik pihak sekolah maupun siswa.
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat Nashiroh, Putri Khoirin; Ekarini, Fitria; Ristanto, Riska Dami
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.029 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906

Abstract

Kemampuan pedagogik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Pengembangan Program Diklat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa pada mata kulian Pengembangan Program Diklat; dan (2) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Diklat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian pre-eksperimental yang melibatkan 1 kelas eksperimen. Hasil rata-rata pretes adalah 50,26 dan rata-rata postes adalah 78,07. Hasil uji-t sampel berpasangan pretes-postes menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata secara signifikan hasil pretes dengan postes. Persentase respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran sebesar 87,21%. Hasil Nilai N-Gain menunjukkan persentase 56%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa dengan kategori efektivitas peningkatan kemampuan pedagogik cukup efektif dan kategori respon mahasiswa sangat efektif.
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TIPE HOTS PADA KOMPETENSI SISTEM REM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Warju, Warju; Ariyanto, Sudirman Rizki; Soeryanto, Soeryanto; Trisna, Rio Adi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.922 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari soal tipe HOTS pada kompetensi sistem rem melalui pelaksanaan analisis butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 1 di SMKN 1 Labang Bangkalan sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi soal pilihan ganda tipe HOTS, kunci jawaban, dan lembar jawaban hasil pekerjaan siswa, yang kemudian dianalisis validitas, reliabilitas tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh menggunakan bantuan software Anates V4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 50 soal pilihan ganda terdapat 80%soal yang masuk dalam kategori valid, sedangkan 20% soal masuk pada kategori tidak valid. Kemudian untuk reliabilitas mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,917. Sementara itu soal yang masuk kategori mudah, sedang, dan sukar pada indeks tingkat kesukaran masing-masing sebesar 38%, 46%, dan 16%. Kemudian soal yang masuk kategori baik sekali, baik, cukup, buruk, dan tidak baik pada indeks daya beda masing-masing sebesar 10%, 42%, 28%, 6%, dan 14%. Selanjutnya pada indeks pengecoh soal yang masuk kriteria sangat baik, baik, kurang baik, buruk, dan sangat buruk masing-masing sebesar 28%, 29%, 19%, 17%, dan 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal tipe HOTS pada kompetensi sistem rem layak digunakan sebagai alat penilai kompetensi siswa
PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM ORACLE ACADEMY Dewi, Luh Joni Erawati; Paramartha, A.A. Gede Yudhi; Purnamawan, I Ketut
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.166 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23236

Abstract

Oracle Academy merupakan inisiatif dari Oracle untuk mendukung pendidikan ilmu komputer di dunia. Oracle Academy menyediakan beberapa kurikulum yang siap pakai oleh berbagai instansi pendidikan di dunia. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha juga telah menerapkan salah satu kurikulum tersebut. Kurikulum yang diterapkan adalah Java Fundamental yang diintegrasikan dengan mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Seluruh materi telah disediakan oleh Oracle Academy berupa sistem e-learning, materi digital, kuis, UTS, UAS dan tools untuk membantu perkuliahan. Seluruh materi, kuis, UTS, dan UAS adalah berbahasa Inggris sebagai pengantar, sehingga mahasiswa dituntut untuk menggunakan bahasa Inggris secara pasif. Berdasarkan uraian di atas, terkait permasalahan dalam pembelajaran PBO, dan kelebihan yang ditawarkan oleh kurikulum yang ditawarkan oleh Oracle Academy, pada penelitian ini akan diuji pengaruh kemampuan berbahasa Inggris terhadap hasil belajar pemrograman berorientasi objek pada mahasiswa Jurusan Teknik Informatika. Penelitian yang diusulkan adalah korelasi. Pengambilan data dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019. Jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan PBO adalah sebanyak 70 orang. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berbahasa Inggris tidak mempengaruhi hasil belajar PBO yang menggunakan kurikulum Oracle Academy.
ANALISIS RANAH PSIKOMOTOR KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGUKURAN TANAH KURIKULUM SMK TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI Haristo Rahman, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.958 KB) | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan dari ranah psikomotorik kompetensi dasar teknik pengukuran tanah pada kurikulum SMK Program keahlian teknik kontruksi dan properti. Aspek psikomotorik yang digunakan berdasarkan tingkatan ranah psikomotor menurut HR Dave meliputi imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain analisis konten. Subjek penelitian ini adalah Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Teknik pengukuran tanah kurikulum 2013 dan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran teknik pengukuran tanah. Pada penelitian ini secara bertahap dilakukan analisis tingkat ranah psikomotorik yang terdapat dalam indikator pencapaian kompetensi masing masing kompetensi dasar. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pada Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah SMK terkandung ranah psikomotorik dengan rincian keterampilan tingkat manipulasi sebanyak 6 (enam) kompetensi, tingkatan presisi sebanyak 2 (dua) kompetensi, dan tingkatan artikulasi sebanyak 2 (dua) kompetensi. Dari peneltian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pada kompetensi dasar tersebut belum mengembangkan keterampilan psikomotorik pada level keterampilan kerja reflek, keterampilan yang dikembangkan hanya berdasar pada gerak untuk melakukan sesuatu yang berdasarkan petunjuk pedoman untuk diikuti.

Page 1 of 51 | Total Record : 505


Filter by Year

2009 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 2 (2023): Edisi Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Edisi Januari 2023 Vol. 19 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022 Vol. 19 No. 1 (2022): Edisi Januari 2022 Vol 18, No 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol. 18 No. 2 (2021): Edisi Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol. 18 No. 1 (2021): Edisi Januari 2021 Vol. 17 No. 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol. 17 No. 1 (2020): Edisi Januari 2020 Vol 16, No 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol. 16 No. 2 (2019): Edisi Juli 2019 Vol. 16 No. 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 16, No 1 (2019): Edisi januari 2019 Vol 15, No 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 2 (2018): Edisi Juli 2018 Vol. 15 No. 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol 15, No 1 (2018): Edisi Januari 2018 Vol. 14 No. 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol 14, No 2 (2017): Edisi Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol. 14 No. 1 (2017): Edisi Januari 2017 Vol 13, No 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol. 13 No. 2 (2016): Edisi Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol. 13 No. 1 (2016): Edisi Januari 2016 Vol 12, No 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol. 12 No. 2 (2015): Edisi Juli 2015 Vol. 12 No. 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol 12, No 1 (2015): Edisi Januari 2015 Vol. 11 No. 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 2 (2014): Edisi Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol. 11 No. 1 (2014): EDISI JANUARI 2014 Vol 10, No 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol. 10 No. 2 (2013): Edisi Juli 2013 Vol 10, No 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 10 No. 1 (2013): Edisi Januari 2013 Vol. 9 No. 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol 9, No 2 (2012): Edisi Juli 2012 Vol. 9 No. 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 9, No 1 (2012): Edisi Januari 2012 Vol 8, No 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol. 8 No. 2 (2011): Edisi Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol. 8 No. 1 (2011): Edisi Januari 2011 Vol 7, No 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol. 7 No. 2 (2010): Edisi Juli 2010 Vol 7, No 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol. 7 No. 1 (2010): Edisi Januari 2010 Vol. 6 No. 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol 6, No 2 (2009): Edisi Juli 2009 Vol 6, No 1 (2009): Edisi Januari 2009 Vol. 6 No. 1 (2009): Edisi Januari 2009 More Issue