Prosiding Seminar Nasional MIPA
2016: PROSIDING SEMINAR NASIONAL MIPA UNDIKSHA 2016

PROGRAM DERIVE BAGI GURU MATEMATIKA SMA DAN SMK KOTA MALANG

Kristina Widjajanti (Politeknik Negeri Malang)
Mohammad Hartono (Politeknik Negeri Malang)
Utami Retno Pudjowati (Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Banyak siswa kesulitan dalam penyelesaian matematika. Guru harus memberikan pelbagai metode mengajar yang menarik dan tidak membosankan. Salah satu alternatif metode adalah pembelajaran matematika berbasis komputer. Permasalahannya adalah semua sekolah menengah di Malang tidak mempunyai software untuk penyelesaian matematika. Oleh karena itu guru membutuhkan pelatihan pembelajaran berbasis komputer. Program Derive adalah salah software yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan matematika. Inti kegiatan Iptek bagi Masyarakat (IbM) ini adalah 2 guru matematika SMAN 9 dan 2 guru SMKN 2 mengikuti ToT, serta 16 guru matematika dari pelbagai SMA dan SMK Kota Malang mengikuti pelatihan Program Derive. Hasil kegiatan diperoleh semua peserta sependapat Program Derive sangat menarik dan bermanfaat. Peserta akan mengiinformasikan pada kelompok guru matematika (MGMP) dan mengenalkan Derive pada siswanya. Kata-kata Kunci: metode, pembelajaran, program derive Abstract Many students have difficulty in Mathematics problem. The teachers must give them various teaching methods. One alternative method is Math learning with the computer-based. The problem was all Senior High School in Malang didn’t have the software of Math. The teachers need training of computer-based learning of Math. The derive program is one software to solve the Math problems. Main activity of community service (IbM) are Training of Trainer (ToT) and workshop for the teacher. There are two partners of IbM, such as SMAN 9 and SMKN 2. The sum of ToT is four teachers and sixteen teachers for workshop. The results of activity are all participants like derive program, very interested, easy, and very useful, especially for key-answer. The participants want to tell about derive program to group of math teachers (MGMPs) and introduce derive for the students. Keywords : methods , learning , derive program

Copyrights © 2016