Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini telah berhasil mengubah pola hidup dan sistem pembayaran ekonomi pada masyarakat. Dampak dari adanya jaringan internet memperkenalkan model bisnis baru, yaitu model Business to-Business (B2B) online atau e-marketplace yang memperluas kerjasama pemasaran antara pembeli dan penjual. Salah satunya sistem pembayaran tagihan bulanan melalui e-marketplace, dari catatannya jumlah volume transaksi secara online telah meningkat 1,5% di atas transaksi konvensional, hal ini disebabkan adanya perubahan perilaku khususnya dalam pola penggunanya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku seseorang untuk memanfaatkan e-marketplace pada pembayaran tagihan bulanan dengan cara mengidentifikasi keterkaitan antara variabel endogen dan eksogen terhadap actual behavaiour dengan menggunakan metode C-TPB-TAM. Responden pada kuesioner berjumlah 210 dengan menggunakan teknik random sampling berdasarkan jenis pekerjaan yang mengacu pada jenis pekerjaan pengakses internet. Hasil dari penelitian ini yaitu perceived ease of use (PEOU)→actual behaviour (B), perceived ease of use (PEOU)→attitude (ATT), perceived usefulness (PU)→attitude (ATT), perceived ease of use (PEOU)→perceived usefulness (PU), attitude (ATT)→behaviour intention (BI), perceived behaviour control (PBC)→behaviour intention (BI), subjective norm (SN)→actual behaviour (B), behaviour intention (BI)→actual aehaviour (B) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap seseorang untuk menggunakan sistem pembayaran tagihan bulanan melalui e-marketplace Shopee. Hasil pada variabel subjective norm (SN)→behaviour intention (BI) dan perceived behaviour control (PBC)→actual behaviour (B) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap seseorang untuk menggunakan sistem pembayaran tagihan bulanan melalui e-marketplace Shopee.
Copyrights © 2022