Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 8 No 2 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei)

Praktik Piano Berbasis Media Sosial: Sebuah Metode Belajar Mahasiswa Mayor Piano pada Masa Pandemi Covid-19

Stefanny Mersiany Pandaleke (IAKN Manado)
Veronika Tumbage (Institut Agama Kristen Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Kebijakan belajar dari rumah saat menghadapi pandemi covid-19 mengubah aktivitas pendidikan dari tatap muka menjadi dalam jaringan, termasuk pembelajaran praktik. Kelas Praktik Instrumen Mayor Piano yang semula dilaksanakan secara personal antara dosen dan mahasiswa mayor beralih pada kelas virtual, sehingga diperlukan metode belajar yang tepat untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan mengkaji metode belajar praktik piano pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan sejak tahun 2020, menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan metode pembelajaran. Data dianalisis dimulai dari pengumpulan data, memilah data, display data secara runtut, kemudian penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar dalam mata kuliah praktik piano dilaksanakan berbasis media sosial (Instagram). Kedudukan metode praktik piano berbasis media sosial dapat dilihat sebagai: (1) alat motivasi ekstrinsik, yakni penggunaan media sosial menjadi motivasi bagi mahasiswa menunjukkan identitas diri melalui video-video praktik piano; (2) strategi pembelajaran yang melibatkan kolaborasi metode-metode pembelajaran dalam ruang virtual; dan (3) pencapaian tujuan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran mata kuliah dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. The policy of learning from home when facing the COVID-19 pandemic has changed educational activities from face to face to online, including practical learning. The Piano Major Instrument Practice Class, originally held personally between lecturers and major students, turned into a virtual class, so appropriate learning methods are needed to facilitate students in achieving learning goals. The purpose of this study was to understand and examine the method of learning to practice the piano during the COVID-19 pandemic. This research has been implemented since 2020, using a descriptive qualitative method and a learning method approach. The results showed that the learning method in the piano practice was implemented on social media (Instagram). The position of the social media-based piano practice method can be observed as (1) An extrinsic motivation instrument, namely the use of social media as motivation for students to show their identity through piano practice videos; (2) Learning strategies that involve collaborative learning methods in the virtual room; and (3) Achievement of learning objectives which refers to the learning outcomes in the aspects of attitudes, knowledge, and skills.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...