Inersia : Jurnal Teknik Sipil
Vol 14, No 1 (2022)

Analisis Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Surface Distress Index (Sdi) (Studi Kasus : Jalan Meranti Kota Pekanbaru Provinsi Riau)

Muhaimin - (Universitas Lancang Kuning)
Winayati - (Unknown)
Fitridawati Soehardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Jalan merupakan sarana transportasi yang paling sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat, sehingga mempengaruhi aktifitas masyarakat sehari-hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Jenis dan tingkat kerusakan jalan Meranti beserta jenis penanganannya. Panjang jalan yang diteliti pada penelitian ini adalah sejauh ±1600 m yang nantinya akan dibagi menjadi empat segmen dengan panjang masing-masing tiap segmen 400 m. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Surface Distress Index (SDI). Data yang diperlukan dalam melakukan penelitian ini adalah berupa dimensi kerusakan baik itu panjang, lebar dan kedalaman kerusakan. Berdasarkan hasil data dilapangan yang telah diolah didapatkan jenis dan tingkat kerusakan jalan seperti jalan berlubang 25,094%, Retak 67,381% dan alur bekas roda kendaraan sebesar 7,482%. Sedangkan untuk kondisi dan jenis penanganan kerusakan pada jalan Meranti Kota pekanbaru adalah pada Segmen I, II dan IV masuk kedalam kategori Baik dengan jenis penanganan kerusakannya adalah Pemeliharaan Rutin dan pada segmen III masuk kedalam kategori rusak ringan dimana penanganan kerusakannya adalah rehabilitasi jalan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inersiajurnal

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Each volume contains two editions. The first edtion is published in April and the second one in October. This journal accomodates the research result in the area of civil engineering, i.e. Construction Management, Geotechnical Engineering, Structural Engineering, Transportation Engineering and Water ...