JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL LOCANA

KETERAMPILAN PENDIDIK DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 15 BANJARMASIN

Nadila (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Sabhan (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Dewi Alfianti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan pendidik dalam membuka dan menutup pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 15 Banjarmasin dengan metode deskriptif dan jenis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua komponen membuka dan menutup pembelajaran dilakukan pendidik. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran yang dilakukan oleh lima pendidik dikategorikan sangat baik dan cukup. Komponen membuka pembelajaran berupa membangkitkan perhatian peserta didik, menimbulkan motivasi, memberi acuan, dan menunjukkan kaitan. Keterampilan menutup pembelajaran berupa meninjau kembali, mengevaluasi dan tindak lanjut. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada pendidik untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar proses pembelajaran berlangsung dengan lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...