JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL LOCANA

TINDAK-TUTUR DIREKTIF DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA NEGERI 6 BANJARMASIN

Nia Laraswati (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Sabhan (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Faradina (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak-tutur direktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jenis penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari data lisan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Penelitian dilakukan menggunakan alat perekam suara (voice recorder) dan handycam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulakan bahwa terdapat jenis tindak-tutur derektif yang berupa jenis permintaan (requestives), pertanyaan (questions), perintah (requirements), larangan (prohibitive), pemberian ijin (permissives), nasihat (advisories). Selain itu, terdapat juga fungsi tindak-tutur direktif berupa 1 buah fungsi mendoa, 1 buah fungsi meminta, 33 buah fungsi bertanya, 1 buah fungsi menghendaki, 3 buah fungsi mengarahkan, 6 buah fungsi mengintruksikan, 2 buah fungsi mensyaratkan, 1 buah fungsi melarang, 4 buah fungsi membolehkan, dan 4 buah fungsi menyarankan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...