JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL LOCANA

STRATEGI KESANTUNAN DALAM PIDATO PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 31 BANJARMASIN

Sania Paradila (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Rusma Noortyani (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Lita Luthfiyanti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kesantunan dalam pidato peserta didik kelas IX SMP Negeri 31 Banjarmasin dari segi: a) strategi kesantunan tidak langsung; b) strategi kesantunan positif; c) strategi kesantunan negatif; d) strategi kesantunan tanpa basa basi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi: 1) teknik observasi; 2) teknik dokumentasi; 3) teknik wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) peserta didik berpidato di depan kelas; 2) validasi data; 3) klasifikasi data; 4) pemberian skor strategi kesantunan. Teknik analisis data yaitu: 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; 4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Strategi kesantunan positif lebih dominan digunakan oleh peserta didik ketika menyampaikan pidato di depan kelas. Penggunaan strategi kesantunan merupakan penerapan pembelajaran karakter dalam perilaku komunikasi kesantunan dalam berbahasa yakni dengan perolehan bahasa yang santun oleh peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...