Musamus Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2022): Musamus Journal of Mathematics Education

Studi Etnomatematika pada Rumah Tradisional Ammu Rukoko

Meryani Lakapu (Pendidikan Matematika, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira)
Yohana Rina Rowa (Pendidikan Matematika, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira)
Jeri Jekson Jira Hia (Pendidikan Matematika, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira)
Kornelis Bria (Pendidikan Kimia, FKIP-Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Ammu Rukoko merupakan rumah adat yang dibangun berdasarkan unsur kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat Sabu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep- konsep matematika dan aktivitas matematika yang terdapat pada Ammu Rukoko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, selain itu instrumen pendukungnya berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 3 orang (tokoh adat, tukang bangunan dan tokoh adat). Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mengacu pada alur analisis data Miles dan Hubermen yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini menemukan dua hal, yaitu: (1) kegiatan matematis yang dilakukan oleh masyarakat pada proses pembuatan Ammu Rukoko, yakni: kegiatan mengukur dan menghitung. (2) konsep-konsep matematis pada Ammu Rukoko, yakni: konsep segitiga pada Ketangarohe, persegi panjang pada bagian pintu dan Papa Kelila, setengah lingkaran pada Baja Duru dan Baja Wui, kekongruenan pada Kijuaga dan translasi pada Gela Mone dan Gela Banni. Berdasarkan hasil penelitian, secara tidak sadar masyarakat Sabu sudah melakukan kegiatan matematis dan menerapkan konsep-konsep matematis dalam kebudayaan Ammu Rukoko Abstract: Ammu Rukoko is a traditional house built based on cultural elements that developed in the Sabu community. The purpose of this study was to determine the mathematical concepts and mathematical activities contained in Ammu Rukoko. This research is a qualitative research with an ethnographic design. The main instrument in this study is the researcher, in addition to the supporting instruments in the form of observation guidelines and interview guidelines. The data sources in this study were 3 people (traditional leaders, builders and traditional leaders). The data collected was analyzed by referring to the data analysis flow of Miles and Hubermen, namely reducing data, presenting data and drawing conclusions based on the results of data analysis. The results of this study found two things, namely: (1) mathematical activities carried out by the community in the process of making Ammu Rukoko, namely: measuring and counting activities. (2) mathematical concepts in Ammu Rukoko, namely: the concept of a triangle in Ketangarohe, a rectangle on the door and Papa Kelila, a semi-circle in Baja Duru and Baja Wui, congruence in Kijuaga and translation in Gela Mone and Gela Banni. Based on the results of the research, the Sabu people unconsciously have carried out mathematical activities and applied mathematical concepts in the Ammu Rukoko culture.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mathematics

Publisher

Subject

Mathematics

Description

FOCUS: The aims of this Musamus Journal of Mathematics Education is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. SCOPE: The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issues ...