Command Center 112 adalah perwujudan dari inovasi layanan publik Pemerintah Kota Surabaya. Namun, tidak sedikit warga yang masih belum mengetahui tentang keberadaan layanan pengaduan 112 Command Center di Surabaya yang kini telah menjadi andalan bagi Kota Surabaya sebagai wadah pengaduan dan panggilan darurat masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keruangan sebaran kejadian darurat di Kota Surabaya dan untuk mengetahui sebaran spasial pemanfaatan layanan. Oleh sebab itu, dilakukan Analisis Keruangan Kejadian Darurat dan Pemanfaatan Layanan Aduan Darurat Command Center 112 Tahun 2019 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data riwayat aduan masuk ke Command Center 112 dan wawancara mendalam bersama dengan beberapa SKPD terlibat dalam Command Center 112. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan teknik statistik deskriptif, yaitu dengan menganalisis hasil pengolahan data sekunder. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan Command Center 112 merupakan layanan berbasis TIK dari Pemerintah Kota Surabaya yang digunakan untuk menerima aduan darurat dari masyarakat melalui nomor panggilan 112. Aduan darurat tersebut terdiri dari lima kelompok kejadian, yaitu masalah keamanan, kesehatan, kriminalitas, kebencanaan, dan aduan darurat lainnya. Selain itu, layanan Command Center 112 juga menunjang terwujudnya Surabaya Smart City dengan memanfaatkan perkembangan TIK di Kota Surabaya yang melibatkan peran berbagai SKPD.
Copyrights © 2020