ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 9, No 1 (2021): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Melibatkan Anak dengan Gangguan Pendengaran di Kelas: Pengalaman Guru

Yubaedi Siron (PIAUD UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Miratul Hayati (PIAUD UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Ratna Faeruz (PIAUD UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Elvani Maghfiroh (PIAUD UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Zakiyah Oktaviani (PIAUD UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Studi ini mengeksplorasi pengalaman guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang melibatkan anak tunarungu di kelas. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dan partisipan diambil melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa stimulasi yang cukup dari guru dapat membuat anak tunarungu mengalami prestasi perkembangan yang luar biasa di kelas reguler. Bakat potensial anak tunarungu juga disalurkan dan didukung dengan penyediaan program pengembangan bakat anak dan permainan edukatif. Pembelajaran melalui metode bermain, pengembangan metode MMR, dan penerapan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sangat relevan untuk anak usia dini tunarungu. 

Copyrights © 2021